Friday, July 26, 2013

[Anime] Kuroko No Basuke (2012)

“Sekalipun kita berhasil menang, bila itu dilakukan dengan tim yang tidak saling mempercayai, maka tidak ada yang gembira dengan hal itu. Kalau tidak ada yang gembira, Maka itu bukanlah kemenangan” Kuroko

Pada tahun 2012, Anime ini dikatakan sebagai salah satu yang terbaik. Manganya dikabarkan lebih laris dibandingkan Naruto pada tahun 2012, otomatis prestasi ini membuat banyak otaku tertarik ketika mengetahui manga ini dijadikan Anime. Melihat temanya mungkin kita akan membandingkan dengan Slam Dunk, tapi akankah kualitasnya lebih baik?. Kuroko no Basuke berawal dari manga yang ditulis dan di ilustrasikan oleh Tadatoshi Fujimaki, melalui Production I.G., manga ini diadaptasikan ke anime dengan Shunsuke Tada sebagai sutradara.


Cerita diawali dengan pengenalan Generasi Emas alias Kiseki No Sedai. Narator memberikan penggambaran megenai 5 anggota pemain basket SMP Teikou. SMP yang memenangi kejuaraan nasional tiga kali berturut-turut. Karena prestasi itu, orang-orang mengingat lima pemain yang masing-masing mempunya kelebihan dan kemampuan no.1 pada masing-masing bidang/posisi sehingga dijuluki generasi emas. Namun, SMP Teikou tidak hanya lima orang itu saja, masih ada satu orang lagi yang tidak pernah disinggung orang lain tapi diakui kemampuannya oleh kelima orang tersebut, pemain ke enam tersebut ialah Tetsuya Kuroko. Orang-orang tidak pernah menyadari keberadaannya dan dia dijuluki oleh teman-temannya sebagai pemain bayangan.
Cerita berlanjut pada awal ajaran baru sekolah, Kuroko mulai masuk SMA dan pilihannya adalah SMA Seirin.  Cerita tidak bermula dari arah Kuroko, melainkah diawali dari sudut pandang Taiga Kagami, seorang siswa yang barus aja kembali dari Amerika. Kagami sangat menyukai basket sehingga ketika awal masuk sekolah yang dicari pertama adalah stan pendaftaran eskul basket. Dengan perawakan yang tinggi besar, pelatih mereka yang merupakan murid perempuan kelas dua bernama Aida Riko didampingi kapten tim Hyuga terlihat takjub dan merasa senang akan adanya murid potensial di kelas satu. Karena pengalamannya di Amerika, Kagami terlihat menyepelekan basket Jepang. Beberapa selang kemudian entah dari mana datangnya, Aida dan Hyuga terkejut melihat formulir lain dengan nama Kuroko yang berasal dari SMP Teikou yang terkenal.
Kiseki No Sedai

Pada awal latihan, Kuroko tidak terlihat meyakinkan sebagai pemain basket. Sang pelatih yang bisa melihat potensi seseorang berdasarkan perawakan tubuhnya tidak bisa menilai kekuatan Kuroko bahkan yang terlihat sangatlah dibawah rata-rata. Kuroko yang mempunya badan kecil tidak memiliki hawa keberadaan yang membuat keberadaannya tidak disadari, orang-orang menganggap auranya tidak tampak sama sekali. Kuroko saat itu tertarik dengan Kagami yang dinilainya mampu menjadi pemain terbaik Jepang. Namun Kagami yang tidak tahu menau keadaan basket Jepang mencoba mencari informasi mengenai Kiseki No Sedai. Kagami yang punya percaya diri tinggi sekaligus keras kepala menilai pemain Jepang semua sama dan akan dikalahkan oleh dia. Namun Kuroko beranggapan bahwa kemampuan Kiseki No Sedai berada diatasnya, kemampuannya belum cukup, tapi dengan bantuannya dia akan menjadikan Kagami nomor satu sekaligus mengalahkan Kiseki No Sedai, karena Kuroko adalah bayangan yang membuat cahayanya bersinar, dan cahaya itu adalah Kagami. Tapi Kagami menilai ucapannya hanya omong kosong setelah melihat permainannya. Permainan Kuroko sangat tidak layak sebagai pemain basket, drible yang lemah, tidak bisa mempertahankan bola, dan tidak bisa mencetak angka, bahkan lay up pun gagal. Namun pada sebuah latih tanding dengan kakak kelas, kemampuan Kuroko pun terlihat. Ternyata Kuroko memiliki gaya permainannya sendiri, yakni misdirection atau mengubah arah jalur bola melalui passing-passing misteriusnya yang terlihat seperti membelokan arah bola saja. Dengan hawa keberadaan yang lemah, pergerakannya tidak bisa dibaca dan dia mampu mengamati sekitar untuk kemudian memberikan passing sekali sentuhan ke pemain yang kosong. Kagami akhirnya mengetahui gaya permainannya dan menerima tawarannya sebagai bayangan dirinya. Target mereka berdua adalah mengalahkan Kiseki No Sedai dan membawa SMA Seirin juara nasional.

Semakin melajunya alur cerita akhirnya mereka bertemu dengan anggota Kiseki No Sedai. Para pemain Kiseki No Sedai sebenarnya mempertanyakan keputusan Kuroko mengenai kenapa dia memasuki SMA Seirin yang kemampuan basketnya tidaklah istimewa, hal ini berbeda dengan anggota Kiseki No Sedai lainnya yang berpisah membela sekolah unggulan yang berbeda.
Ternyata benar saja, Kagami masih dibawah kemampuan para Kiseki No Sedai. Kagami terkejut ternyata Jepang memiliki talenta super seperti mereka. Pertemuannya dengan Kise Ryota, pemain yang katanya terlemah di Kiseki No Sedai membukakan mata Kagami. Belum lagi Midorima sang shooter dan yang terkuat dari Kiseki No Sedai, Aomine.
Tim Basket SMA Seirin 
Sayangnya Anime ini belumlah tuntas, dengan 25 episode kelanjutan ceritanya masih akan dilanjutkan pada season 2 yang rencananya akan datang pada bulan Oktober 2013. Anime ini memang pantas dinantikan banyak orang. Cerita yang mengejutkan dimulai dari tokoh utama yang tidak biasa, penceritaan yang agak unik sudut pandangnya, hingga alur cerita yang tidak tertebak. Tempo cerita yang cepat dan focus pun ternyata sangat asik untuk dinikmati. Jika dibandingkan dengan Slam Dunk, dari segi grafis Kuroko No Basuke lebih baik dan itu merupakan keharusan karena dengan majunya teknologi sudah tidak ada alasan kalah kualitas gambar dengan Anime 90-an seperti Slam Dunk. Dari segi cerita keduanya sama-ama memiliki poin berbeda sekaligus poin lebih. Namun apabila Slam Dunk terlalu luas penceritaannya dan terlalu rinci, Kuroko No Basuke lebih hemat sehingga temponya pun lebih cepat. Meskipun dari segi skill dan permainan ada yang berlebihan alias lebay, tapi pengemasan tampilan grafis yang apik membuat kita tidak sadar dan terlihat bisa dipraktekan, padahal hal itu tidak mungkin seperti meng-copy skill, tembakan 3 poin dari jarak yang sangat jauh, dan lainnya, hanya saja pengemasan tampilan membuat saya tidak terlalu mempermasalahkannya. Overall Anime ini sangat keren. Apalagi pada anime kali ini belum semua Kiseki No Sedai ditampilkan, masih ada dua karakter lagi yang masih misterius. Tiga orang saja sudah begitu, gimana keempat dan kelima? Patut dinantikan kelanjutan ceritanya.

Rating : 9

No comments:

Post a Comment