Thursday, May 2, 2013

[Anime] Kaichōu wa Maid-sama! (2010)


“lagi pula memiliki job part time tidak dilarang, walau kau berpakaian pelayan, tapi keyataannya kau itu kuat dan tidak pernah ragu untuk melakukan yang kau anggap benar, kurasa kau harusnya bangga dengan hal itu” Usui Takumi.

Maid Sama!, dikenal di Jepang dengan sebutan Kaichō wa Maid-sama! (会長はメイド様!, lit. The President is a Maid!), adalah sebuah shojo anime yang diangkat dari manga series karangan Hiro Fujiwara. Kaichō wa Maid-sama ! merupakan anime bergenre romance yang menceritakan kisah cinta seorang siswi yang menjabat ketua OSIS dan memiliki pekerjaan sampingan menjadi pelayan kafe yang kemudian dicintai soerang siswa yang popular disekolahnya. Unikanya siswa tersebut tidak tertarik dengan wanita lain kecuali sang pelayan kafe yang telah memesona dirinya.


Anime ini berawal pada kehidupan sekolah SMA Seika, sebuah SMA yang didominasi laki-laki. Ditangah jumlah siswa laki-laki yang sangat banyak, Ayuzawa Misaki hadir sebagai siswa perempuan yang menjabat sebagai ketua OSIS. Bagi siswa perempuan lainnya, Misaki adala sosok pahlawan, tapi bagi siswa laki-laki Misaki terlihat seperti iblis dimana dia selalu tegas dan galak dalam menegakan aturan sekolah demi membuat SMA Seika memperbaiki citranya dan berharap semakin banyak siswa perempuan yang mau mendaftar disekolah tersebut nantinya.

Reputasi Misaki yang rajin, pintar, tekun, membuatnya menjadi ketua siswa SMA Seikan. Namun sikap diktatornya terhadap laki-laki membuat dirinya dianggap membenci laki-laki. Namun siapa sangka dibalik sikap galaknya itu dia ternyata mempunyai masalah keuangan yang dihadapi keluarganya, hal ini menyebabkan Misaki bekerja paruh waktu disebuah Café maid. Misaki berusaha menyembunyikan pekerjaanya karena takut reputasinya bakal hancur disekolah. Tapi semua itu diambang kehancuran setelah seorang siswa dari sekolahnya yang bernama Usui Takumi, seorang siswa popular yang sering menolak perasaan wanita karena memang tidak tertarik sedang memergoki Misaki menggunakan pakaian kerja (pelayan). Sejak saat itu Misaki yang tidak percaya dengan laki-laki selalu was-was dan curiga terhadap Takumi. Misaki yang sudah pasrah akan rahasianya ternyata justru dijaga oleh Takumi, bahkan Takumi menjadi pelanggan tetap ditempat Misaki bekerja. Takumi mulai tertarik dengan wanita, dan wanita itu ialah Misaki yang membuat Takumi terkagum-kagum dengan apa yang dia lakukan. Hanya saja Misaki selalu memandang curiga Takumi dan mengira dia hanya mempermainkannya.

Setelah itu, Takumi selalu mengikuti kemanapun Misaki pergi bahkan dijuluki sebagai penguntit oleh Misa-chan. Misaki sering mendapat masalah dengan orang-orang disekitarnya, namun dengan Takumi disampingnya, Misaki selalu diselamatkan olehnya. Kehadiran Takumi disamping Misaki membuat Misaki perlahan-lahan menyukai Takumi. Tapi sayangnya kedua insan ini masih malu untuk saling mengakui perasaan mereka. Misaki mengira Takumi hanya iseng dan tak pernah menyukainya secara serius sementara Takumi meski sering menunjukan gelagat suka tetapi dirinya masih takut untuk menjadikan Misaki miliknya karena dia beranggapan proses PDKT selalu lebih menyenangkan dibanding pacaran.

Hubungan antar episode anime ini memang tidak terlalu erat bahkan ada beberapa yang tidak terkait. Hal itu menyebabkan proses hubungan Misaki dan Takumi menunjukan proges yang lambat. Konflik yang terjadi tiap episode pun kadang sama dimana dengan topic permasalahan yang berbeda berujung pada kesulitan yang dialami Misaki dan kemudian diselamatkan Takumi. Misaki mulai menyukai Takumi justru pada saat mendekati akhir episode, dan menyatunya mereka justru di akhir episode, hal ini membuat penonton tidak bisa menikmati moment kebersamaan Misaki dan Takumi ketika berstatus pasangan, sangat nanggung. Anime ini juga berakhir dengan berbagai rasa nanggung, masih ada rahasia yang belum terkuak seperti contohnya siapakah sebenarya Usui Takumi?. Meski dibeberapa blog dikatakan Usui lahir sebagai buah perselingkuhan ibu yang blesteran inggris-jepang dan ayah seorang pria jepang yang kemudian diadopsi oleh keluarga sepupu ibunya dan menerima pendidikan privat tetapi sewaktu ingin masuk ke SMA ia memilih untuk masuk ke SMA biasa dan tinggal di apartemen mewah. Namun, sepertinya itu adalah rahasia Takumi di manga yang herannya kenapa tidak diungkapkan di anime.

Meski alur cerita masing-masing episode kadang sama, keragaman konflik cerita dan tokoh-tokoh lainnya cukup asik untuk dinikmati seperti misalnya teman-teman kerja Misaki, teman sekolah, hingga trio bodoh yang paling kocak. Masalah karakter, saya kurang senang dengan karakter Takumi yang digambarkan keren, jago semua bidang olahraga, dan pintarnya mengalahkan Misaki, terlalu sempurna untuk disatukan dalam satu tokoh. Meski begitu anime ini cukup menghibur khususnya dari segi humor.

Rating : 7

No comments:

Post a Comment