Wednesday, May 1, 2013

[Anime] Tonari No Kaibutsu-Kun (2012)



“Manusia akan layu jika mereka terus sendirian. Obat yang akan  menyembuhkannya adalah mencari orang lain”

Masa sekolah tidaklah selalu menyenangkan bagi semua orang. Dalam suatu tempat selalu ada pihak mayoritas dan minoritas berdasarkan jumlah, itulah yang terjadi didalam sekolah. Tonari No Kaibutsu-Kun memang merupakan anime bergenre comedy-romance, hanya saja selain melihat sisi romancenya, anime ini juga menawarkan kisah mengenai orang-orang yang selalu sendirian yang merupakan sisi lain dari kehidupan sekolah yang jarang terekspos. Anime ini mempunyai judul lain bernama “My Little Monster”. Anime ini menceritakan tentang kisah cinta dua remaja dengan kepribadian yang bertolak belakang namun sama-sama merasa kesepian. 


Tonari No Kaibutsu-Kun menceritakan kisah tentang seorang siswi bernama  Shizuku Mizutani yang mempunyai karakter dingin, pendiam, tidak peduli dengan urusan orang lain, perasaan yang tidak peka, dan mementingkan belajar diatas segala-galanya. Kisah bermula ketika Shizuku disuruh oleh gurunya untuk memberikan catatan sekolah kepada seorang siswa yang duduk disampingnya tetapi tidak pernah masuk karena insiden perkelahian dengan kakak kelas di awal semester. Siswa itu bernama Yoshida Haru, tokoh dengan karakter yang suka bermain, kasar, tidak mampu mengatasi emosinya, pemalu, namun cerdas. Haru yang selama ini benci dengan pandangan orang-orang kepada dirinya dimana orang lain selalu memandangnya dengan rasa takut merasa Shizuku berbeda dengan orang lain. Shizuku tidak takut dengan Haru bahkan mengajaknya kembali bersekolah, Haru yang langsung menyatakan cintanya pada Shizuku secara tiba-tiba itu pun mau kembali bersekolah asalkan dia selalu berada disamping Shizuku.

Disekolah lah semua cerita mengalir begitu alami. Dengan hadirnya Haru, kehidupan Shizuku pun merasakan dampak perubahannya. Ada dua orang lagi yang sering bergabung bersama mereka, yakni Natsume Asako, seorang siswi yang bodoh tapi cantik dan pintar dalam olahraga, sayangnya dia merupakan sosok kesepian lainnya dimana Natsume selalu dijauhi oleh teman-teman perempuan lain karena iri dengan kecantikannya dan juga keasikannya bergaul di dunia maya. Tokoh lainnya ialah Sohei Sasahara, dia adalah pengecualian karena Sasahara bukanlah sosok yang kesepian bahkan bisa dibilang asik bergaul dengan siapa saja. Sasahara kagum dengan Shizuku karena mampu membujuk Haru, selain itu dia juga memiliki utang kepada Haru (entah itu utang apa).

Kisah romance Shizuku dan Haru bukanlah cerita cinta malu-malu kucing bahkan bisa dibilang cukup frontal bila dilihat dari karakter Haru. Meski sama-sama kesepian, tapi perbedaan kepribadian membuat kedua tokoh ini sering adu argument khususnya masalah dunia sosialisasi dimana Haru berpendapat sangat menginginkan teman sementara Shizuku berpendapat tidak perlu mempedulikan kata-kata orang lain. Meski begitu, pertemuan keduanya telah merubah kehidupan masing-masing tokoh yang membuat keduanya belajar mengenai makna kehidupan khususnya dalam bersosialisasi. Mereka perlahan mulai mendapakan teman yang selanjutnya mewarnai kehidupan mereka yang sebelumnya terasa polos dan hampa. Kisah cinta mereka terhalang oleh ambisi Shizuku. Shizuku yang mulai menumbuhkan cintanya pada Haru sudah mulai menyadari bahwa cintanya dan segala perasaan yang indah ini membuat prestasi belajarnya menurun. Bahkan setelah Shizuku akhirnya mengetahui bahwa Haru merupakan orang yang mengalahkannya dalam ujian masuk sekolah itu membuatnya semakin menjaga jarak dengan Haru. Akan tetapi perasaan cinta yang ada tidak bisa disembunyikan. Karakter-karakter lain yang muncul pun turut membantu sekaligus menghambat kisah cinta mereka, selain kecanduannya terhadap belajar, kisah mereka juga terhalang betapa bodoh dan polosnya Haru dalam memaknai cinta.
 
Anime ini berakhir pada episode bernomor 13. Akan tetapi 13 episode terasa begitu singkat, belum lagi banyaknya rahasia tokoh yang belum terungkap seperti rahasia keluarga Haru, kisah masa lalu Shizuku, kisah cinta Natsume dengan sepupunya Haru, hingga utang Sasahara pada Haru yang masih misteri. Ending yang tidak memuaskan. Meski begitu alur cerita cinta yang menarik hingga kisah persahabatan penuh makna khususnya mengenai kesendirian mampu meberikan beberapa pesan positif kepada penonton. 

Rating : 7.5

8 comments:

  1. Awal nomton udah langsung langsung jatuh cinta sama haru😍

    ReplyDelete
  2. Mau tanya apa tonari no kaibutsu-kun itu ceritanya cuma sampai season 1 yang isinya 13 chapter?

    Kalo ada lanjutannya dari chapter 13 saya minta link nya adakah yang punya?

    Makasih

    ReplyDelete
  3. kurang episode nih anime, endingnya gantung banget cuy.

    ReplyDelete
  4. mirip kaya domestic na kanojo cerita y kaga ada kelajuta y pada hal bagus cerita y dan karater y

    ReplyDelete
  5. Gua jadi gabutt karna gantung eps nyaa😭

    ReplyDelete