Sunday, October 13, 2013

[Anime] Slam Dunk (1993 - 1996)

"Sampai akhir, jangan pernah berhenti berharap. Jika kau menyerah, maka permainan sudah berakhir" Anzai-sensei

Ada yang masih ingat tingkah konyol Sakuragi Hanamihi ?.  Jika kalian penggemar basket maka anime satu ini sangat direkomendasikan. Jika di sepakbola ada Captain Tsubasa yang begitu mendunia, maka di basket kita bisa menyebut Slam Dunk. Manga Slam Dunk diciptakan oleh Takehiko Inoue sementara Animenya disutradarai oleh Nobutaka Nishizawa. Anime ini memiliki episdoe berjumlah 101.

Slam Dunk bercerita tentang Sakuragi Hanamihi, seorang berandalan bengal yang memiliki rekor 50 kali ditolak wanita. Namun ketika memasuki SMA, pandangannya langsung tertuju ke waniita cantik dan ramah bernama Haruko Akagi. Mengetahui Haruko menyukai basket, Sakuragi Hanamichi berusaha mati-matian terjun ke dunia basket untuk mendapatkan perhatiannya.

Namun perjuangannya tidak mudah. Sakuragi Hanamihi tidak mengetahui apa-apa mengenai basket sehingga dia harus belajar dari dasar. Selain itu Sakuragi juga melakukan awal yang kurang baik ketika memasuki tim basket karena harus berkonflik dengan beberapa anggota tim. Seperti misalnya Takenori Akagi, sang kapten yang disebut Sakuragi mirip Gorila ini merupakan karaker yang disiplin dan keras, dan juga Rukawa Kaede yang merupakan rival Sakuragi dalam hal cinta dan basket yang selali membuat iri Sakuragi. Rukawa sendiri memiliki karakter pendiam, selalu tidur dalam kelas, tapi sangat fokus dengan basket sehingga tidak mempedulikan hal lain termasuk perasaan Haruko yang menyukai Rukawa.

Tim Shohoku tempat dimana Sakuragi bermain saat itu dipandang bukanlah tim yang luar biasa meskipun disana terdapat pelatih yang dihormati pelatih lain, Anzai-sensei. Namun hadirnya pemain kelas 1 seperti Sakuragi yang mampu cepat belajar dan Rukawa sang bintang SMP membuat wakil kapten Kogure Kiminobu yakin timnya mampu berbicccara lebih banyak. Belum lagi kembalinya bintang lama mereka seperti pemain kelas 2, Ryota Miyagi yang sembuh dari cedera parah dan tobatnya Mitsui Hisashi, pemain kelas 3 mantan MVP SMP yang sempat tenggelam dalm dunia kekerasan. Hal ini diyakini sebagai tim Shohoku terkuat dan terlengkap.

Tim Shohoku makin optimis bisa menembus kejuarraan Nasional namun mereka harus bersiap melawan tim-tim  tangguh dari daerah Kanagawa. Seperti Shoyo dengan Kenji Fujima dan Toru Hanagata, Ryonan dengan Jun Uozumi dan Akira Sendoh, hingga  sang penguasa Kanagawa selama 17 tahun, Kainan dengan Shinihi Maki, Nobunaga Kiyota, dan Soichiro Jin.

Selain cerita dari basket dan konflik cinta Sakuragi, kita juga akan dibuat tertawa dengan tingkah Sakuragi gang yang beranggotakan Chuichirou Noma, Yuji Ohkusu, Nozozmi Takomiya, dan yang terakhir Yohei Mitou yang paling dewasa dan paling peduli dengan Sakuragi. Cerita dalam Slam Dunk ini memang luas dan tidak khusus mengenai basket, akan tetapi tentang kehidupan Sakuragi.

Kita akan dibuat tertawa terpingkal-pingkal oleh tingkah sang jenius Sakuragi. Penokohan Sakuragi yang bodoh, tidak tahu malu, percaya diri yang berlebihan, bermulut besar, meremehkan lawan, suka memberikan julukan aneh kepada lawwan-lawannya disebut sebagai sesuatu yang unik. Pada ssaat itu sulit membayangkan tokoh utama dengan sikap yang seperti itu sehingga mampu menarik banyak perhatian. Sakuragi belajar sangat cepat dan mampu berkembang pesat, bahkan dijuluki sebagai "raja rebound" hanya dalam waktu hitungan bulan sehingga membuat lawan-lawannya mewaspadai dan menyadarinya bahwa dimasa depan dia akan semakin berkembang.

Disini kita juga akan diberikan informasi mengenai basket sehingga akan membantu bagi orang yang awam basket. Selain itu disini kita melihat bagaimana orang-orang dalam basket berusaha keras berlatih, baik itu dengan bakat maupun tanpa bakat. Selain itu pencitraan mengenai lawan pun bisa dibilang unik karena para tim lawan tidak dicitrakan layaknya tim jahat karena masing-masing tim mempunyai poin positif tersendiri untuk kita ambil hikmahnya seperti bagaimana tim kuat Kainan ternyata bukan berisi orang-orang berbakat tetapi orang yang kurang berbakat tapi punya kemauan keras dalam berlatih. Selain itu melalui kasus Mitsui dan juga Sakuragi, kita akan belajar bahwa akan lebih baik menghabiskan masa muda dengan prestasi dari pada harus berkelahi terus-menerus.

Sayangnya anime ini berakhir sebelum kejuaraan nasional dimulai. Banyak sekali yang kecewa dengan endingnya karena tidak selesai. Bahkan kisah cinta Sakuragi dan Haruko pun tidak ada kejelasan. Mungkin biasa dimaklumi karena manganya pun saat itu belum selesai, tapi ternyata cerita manga-nya pun ikut menggantung. Jika kita menonton awalnya mungkin akan terasa membosankan karena temponya berjalan lambat, namun semakin kita melihat makan kita akan semakin peasaran dengan tingkah konyol Sakuragi.

Rating : 8

2 comments:

  1. Anime paling membosankan. Karekter utama ampassa. Dari episode 1 ampe terakhir gak guna

    ReplyDelete