Monday, April 1, 2013

[Anime] Sword Art Online (2012)

Sword Art Online, melihat kata ini sepertinya akan membimbing presepsi kita pada sesuatu yang berada di dunia digital atau lebih tepatnya suatu game online. Memang benar namun bukan software game atau aplikasi yang sebenarnya melainkan sebuah game yang menjadi suguhan menarik di dalam Anime yang berjudul Sword Art Online ini.


Sword Art Online merupakan anime hasil adaptasi novel bergenre Light-Novel yang ditulis reki Kawahara dan illustrator oleh Abec. Novel ini telah diangkat menjadi 3 manga, 1 game, dan tentunya 1 anime yang akan kita bahas kali ini. Sword Art Online atau bisa disingkat dengan SAO merupakan anime yang berlatar tahun 2022 bercerita tentang kehidupan didalam game virtual dimana sang pemain bisa merasakan kenyataan layaknya dunia nyata didalam game tersebut.

Ceritanya bermula dari sesosok tokoh bernama Kirigaya Kazuto atau yang lebih dikenal dengan nama akun Kirito didalam game, pemuda ini merupakan maniak game dan saat itu dunia sedang menantikan launching game terbaru yang disebut-sebut memiliki teknologi canggih. Kirito yang merupakan Beta Tester (Peserta uji coba game) sudah mengetahui seluk beluk game tersebut sehingga membuatnya mengagumi sosok Kayaba Akihiko dan tertarik untuk menamatkan game terseebut. Namun, setelah masuk dalam permainan, tiba-tiba SAO menjadi aneh ketika tiba-tiba tombol log-out hilang. Tapi perkataan sang pencipta Kayaba Akihiko menjelaskan semuanya, hidup mati users bergantung pada game ini, jika game over maka dia pun akan tewas di dunia nyata, jika ingin selamat maka harus ada yang bisa menyeesaikan game tersebut dengan cara menaklukan boss di setiap lantai. Didalam game tersebut Kirito melalui banyak hal dan berjumpa dengn banyak orang sehingga dia pun lebih belajar tentang kehidupan dimana semuanya tidak bisa dilakukan secara sendirian, kita akan selalu membutuhkan pertolongan orang lain.

Selain cerita mengenai bagimana menamatkan game tersebut, kisah romance dalam cerita ini pun cukup menarik perhatian. Terdapat sosok Asuna yang bisa mengerti Kirito. Asuna merupakan wanita yang kuat baik dari segi mental maupun kemampuan skill bertarungnya, salah satu wanita yang bisa bertahan di dunia SAO yang cukup kejam. Asuna pun sama seperti Kirito, Asuna yang di dunia nyata tertekan dengan jalan hidup yang ditentukan orang tuanya mulai bisa melepaskan emosinya di SAO. Apabila Kirito mendapatkan pelajaran tentang hidup melalui pengalamnnya berjumpa dengan berbagi tokoh dan peristiwa, Asuna justru belajar dari Kirito bagimana menikmati hidup. Lambat laun Asuna pun jatuh cinta terhadap Kirito begitupun sebaliknya bahkan menikah di dalam game, mereka pun mengadopsi anak misterius bernama Yui yang ternyata adalah suatu system dari game itu. Perilaku saling melindungi diantara keduanya memberikan bumbu sedap tersendiri terhadap anime ini. 
Kirito & Asuna

Anime ini ternyata tidak sekedar bertahan pada satu game saja, setelah Kirito berhasil mengalahkan boss besar yang tidak lain tidak bukan adalah Kayaba Akihiko sendiri, Sword Art Online pun runtuh dan para pemain pun bisa kembali ke dunia nyata. Malangnya Asuna justru terjebak dalam game. Asuna sendiri bisa dibilang tewas setelah melindungi Kirito dari serangan boss Kayaba. Di dalam dunia nyata, setelah 2 tahun tragedi SAO, Kirito yang sudah sadar pun langsung mencari Asuna, istrinya di dunia game itu. Namun setelah ditemukan ternyata Asuna belumlah sadar bersama dengan beberapa pemain SAO lainnya. Tidak hanya itu, Kirito pun terkejut ketika mendengar Asuna sudah dijodohkan. Namun, tiba-tiba Kirito mendapat kabar bahwa Asuna dialihkan dan ditahan pada suatu game yang sistemnya merupakan warisan SAO, ternyata sang pemilik game tersebut merupakan calon suami dari Asuna. Kirito pun berisiniatif menyelamatkan Asuna di dalam game tersebut. Disana Kirito ternyata bertemu dengan Lyfa yang ternyata adalah adik Kirito sendiri dimana di dunia nyata dia bernama Sugu. Sempat ada cinta terlarang disana hingga akhirnya Sugu menyadari bahwa itu adalah salah. 
Game baru dimana Asuna ditahan

Selain ide cerita yang terlihat seru dan juga kisah romance yang cukup menyentuh, anime ini juga punya nilai lebih pada adegan pertarungan yang seru dan tidak terlalu lama, bahkan hampir tidak ada adegan flashback. Ceritanya pun tidak terlalu rumit dan cukup ringan meskipun cerita ini bukanlah untuk anak-anak polos.

Rating : 8

No comments:

Post a Comment