Monday, April 1, 2013

[US-Series] Supernatural Season 3 (2007)

Pintu neraka terbuka, perang besar pun akan datang. Petualangan Winchester bersaudara kini jadi lebih berat dan tentunya semakin seru. Season 2 berakhir pada terbukanya gerbang neraka yang menyebabkan keluarnya iblis-iblis. Winchester bersaudara bukannya tidak mendapatkan apa-apa, mereka sukses menembak mati si iblis mata kuning yang selama ini dicari menggunakan Colt. Tapi sayang umur Dean tinggal satu tahun lagi sebagi akibat dari perjanjian dengan iblis di persimpangan jalan untuk mengembalikan Sam dari kematian. Sam tentu marah setelah mengetahui Dean mengulangi perbuatan bodoh yang dilakukan ayahnya pada Dean dulu. Dan Dean pun tidak tenang dengan kata-kata terakhir si iblis mata kuning yang ternyata diketahui bernama Azazel yakni “apakah Sam yang kau kembalikan itu murni Sam asli?”. Petualangan pun berlanjut.


Umur Dean yang tinggal setahun membuat Sam bingung untuk bertindak, dia kini mulai menuruti apa saja yang Dean mau untuk menghormati sisa hidupnya yang ternyata dimanfaatkan seenaknya oleh Dean dengan melakukan hal-hal konyol. Namun Sam bukannya tanpa tindakan, dia berusaha melakukan berbagai cara untuk menghentikan perjanjian tersebut. Itulah misi utama di season 3 ini, menyelamatkan Dean.
Tentunya selain memikirkan Dean, cerita ini masih tetap setia dengan cerita awal yakni mengusir makhluk-makhluk supernatural. Seiring dengan terbukanya gerbang neraka, makhluk-makhluk semacam hantu, monster, dan makhluk legenda mulai jarang ditemui, justru Winchester bersaudara bersama Bobby lebih sering menemui iblis untuk diusir dimana tingkat kesulitannya lebih tinggi.

Pada season ini, ada dua tokoh baru yang sering sekali muncul dalam perjalanan Winchester bersaudara. Yang pertama ialah Ruby (Katie Cassidy) yang merupakan iblis misterius, meski iblis entah mengapa dia selalu menolong Sam ketika dia dalam bahaya dengan pisau ajaibnya yang bisa membunuh makhluk apapun. Selanjutnya ialah Bela (Lauren Cohan) yang merupakan pencuri barang-barang yang memiliki kekuatan supernatural demi keuntungan semata. Belakangan diketahui kalau Bela ternyata sama dengan Dean yang telah melakukan perjanjian dengan iblis persimpangan jalan, hal itu diketahui ketika Bela mencuri Colt untuk melindungi diri. Namun, kehadiran Bela sendiri justru menambah sisi humor di season ini bahkan lebih baik dibanding season-season sebelumnya.

Bela - Bobby - Dean - Sam - Hellen - Ruby
Pada season kali ini, entah mengapa penyelidakan duo Winchester terlihat seperti penyelidikan Scooby-Doo. Maksudnya tentu bukan pada ternyata hantu palsu tapi penyelidikan mereka ternyata merujuk pada pelaku yang tak terduga, dan ini bukanlah hal yang buruk  justru membuat ini lebih menarik. Selain itu chemistry Sam dan Dean pun makin menjadi disini dengan berbgai dialog menyentuhnya dan juga kejadian-kejadian konyolnya.

Misi penyelamatan Dean ini ternyata merujuk pada suatu nama baru, yakni Lilith yang ternyata memegang kontrak perjanjian Dean. Lilith yang merupakan iblis dengan mata berwarna putih rupanya merupakan pimpinan iblis-iblis yang baru saja keluar dari neraka. Iblis ini sering merasuki tubuh anak kecil dan mempunyai kekuatan yang luar biasa sehingga duo Winchester kesulitan mencari lokasi dimana Lilith berada. Season 3 ini diakhiri dengan matinya Dean seiring dengan habisnya waktu yang telah disepakati pada perjanjian tersebut. 

Humor yang semakin baik, ketegangan yang cukup bertambah meski bukan dari segi horror, keterkaitan cerita masing-masing episode yang semakin erat, serta sering terjadinya pertengkaran hebat antara keduanya yang semakin menambah chemistry keduanya rasanya cukup menggambarkan bahwa season ini lebih baik dari dua season sebelumnya, cerita yang makin mngerucut tentang suatu perang membuat kita menanti ceria apa yang akan tersaji di season berikutnya.

Rating : 8.5

No comments:

Post a Comment