Sunday, August 25, 2013

[K-Drama] Faith (2012)

"Ji Gwa Pil Gae. Artinya, jika kau tahu kalau perbuatanmu salah, kau harus memperbaikinya." Choi Young.

Faith yang mempunyai judul lain The Great Doctor menceritakan tentang seorang doketr yang berkelana melintasi waktu menuju masa lalu yang dibawa oleh pengawal kerajaan. Cerita ini memang sudah diadaptasi beberapa drama dan bahkan cerita ini dianggap meniru. Meski begitu cerita ini memiliki inti ceritanya sendiri. Disini kita tidak hanya disuguhi cerita menarik, aksi laga, dan kisah romantis, tetapi ada beberapa fakta sejarah yang bisa kita pelajari yang tentunya digabung fiksi fantasi. Drama 24 episode ini disutradarai oleh Kim Jong Hak dan diproduksi oleh SBS.


Cerita bermula dari sebuah legenda mengenai tabib sakti bernama Hwa Ta yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit hingga akhirnya tabib tersebut dikatakan pergi ke langit. Beberapa ratus kemudian, ketika Korea masih menjadi dinasti Goryeo dibawah kepemimpian Kerajaan Yuan (Cina), seorang raja baru Goryeo yang diutus Yuan, raja Gongmin (Ryu Duk Hwan) sedang melalui perjalanan menuju Goryeo dengan permaisurinya yang berasal dari Yuan, yakni Permaisuri No Gook (Park Seo Yeong). Meski utusan dari Yuan, sang raja yang asli Goryeo menginginkan kerajaannya bebas dari Yuan. Karena rasa bencinya dengna Yuan, raja yang memang mencintai permaisurinya bertingkah tidak suka dengannya karena istrinya berasal dari Yuan. Dalam perjalanan itu tiba-tiba sekumpulan pembunuh bayaran datang menyerang yang menyebabkan leher permaisuri tergores cukup dalam. Jika permaisuri mati, hal ini akan mengakibatkan hal buruk terjadi pada Goryeo.  Sayangnya tabib kerajaan tidak mampu menyembuhkan luka permaisuri.

Sementara itu, Choi Young (Lee Min Ho) yang merupakan ketua woodalchi atau pengawal kerajaan yang santai dan dingin menganggap ini merupakan tanggungjawabnya, oleh karena itu dia akan melakukan apapun untuk menyelamatkan nyawa permaisuri. Dalam keadaan tersebut teringatlah mereka pada kisah tabib langit yang melegenda itu. Choi Young pun pergi ketempat dimana tabib itu menghilang sesuai cerita legenda. Ditempat itu terlihat sebuah dimensi waktu dan hoi Young pun memasukinya. Choi Young pun tiba-tiba berada ditempat yang asing, yakni Korea tahun 2012 dan tanpa membuang-buang waktu Choi Young langsung mencari tabib itu hingga akhirnya dia melihat sesosok dokter bedah wanita bernama Yoo Eun Soo (Kim Hee Sun). Setelah melihat kemampuannya, Choi Youn menarik paksa dokter itu dan membawanya kembali ke dunianya. Tapi dokter Eun Soo yang masih bingung dan tidak tahu apa-apa sempat kaget dan ketakutan dengan hal yang menimpanya, namun Choi Young berjanji apabila dia bisa menyembuhkan permaisuri maka dia akan dikembalikan ke dunianya. Awalnya Eun Soo berpikir ini adalah sketsa film atau drama saeguk (sejarah), namun setelah beberapa lama dan sempat mengalami kondisi bahaya dia akhirnya sadar bahwa ini adalah masa lalu sejarah Korea. Dokter berhasil menyembuhkan permaisuri, dan berkat itu orang-orang menyangka bahwa dia adalah murid tabib langit, Hwata. Namun penasehat kerajaan meminta untuk menahan kepergian tabib langit agar dapat mengangkat nama raja dan Goryeo, sang raja pun menyetujuinya, hal ini membuat Choi Young melanggar janjinya dan membuat dirinya sengaja tertusuk pedang karena kemarahan dokter yang tidak bisa kembali karena terlambat memasuki dimensi waktu yang telah hilang. Dan cerita pun kembali dilanjutkan.

Eun Soo kaget karena menusuk Choi Young, meskipun marah dia sangat tidak ingin membuat nyawa orang lain melayang sehingga dia memutuskan untuk merwat dan menyembuhkannya. Choi Young sendiri diketahui memang sudah tidak memiliki gairah hidup karena memiliki masalalu yang pahit yang membuatnya harus menjadi Woodalchi. Choi Young yang memiliki kekuatan super tenaga dalam mengeluarkan listrik merupakan salah satu anggota organisasi rahasia yag melindungi kerajaan, tapi sayangnya jasa organisasi itu tidak begitu dihargai oleh raja Goryeo terdahulu yang bertindak semena-mena. Namun Chi Young disuruh berjanji untuk melindungi Raja Goryeo apapun yang terjadi. Sempat hampir mati karena tidak memiliki keinginan hidup, kesungguhan Eun Soo menyembuhkannya mampu menembus dunia bawah alam sadar Choi Young sehingga berhasil disembuhkan.

Di dunia itu, Eun Soo sangat sulit beradaptasi. Dia sempat depresi karena selalu diteror oleh penculikan, pembunuhan disekitarnya, perkelahian, dan berbagai hal asing yang biasa terjadi di era itu, bahkan dia tidak bisa melakukan tugasnya sebagai dokter atau tabib secara maksimal karena tidak mengerti obat-obatan herbal yang maasih digunakan pada era itu. Namun seiring berjalannya waktu dia mulai menjalani semuanya dengan ikhlas dan berusaha menjalankan tugasnya sebagai dokter dengan baik. Eun Soo harus beberapa kali berada pada posisi yang berbahaya dan harus diselamatkan Choi Young begitupun sebaliknya, dan karena itu perasaan cinta diantara keduanya mulai tumbuh. Mengenai kisah cinta, meski kisah Eun Soo-Choi Young cukup menarik tapi kisah cinta Raja dan Permaisuri lah yang paling menyentuh.

Hal menarik lainnya pada drama ini adalah tentang intrik politik yang terjadi saat itu. Bagaimana raja harus bisa meyakinkan orang-orang mengenai kebijakannya, dibantu Choi Young, sang raja berusaha menyelamatkan Goryeo dari berbagai ancaman baik dari luar maupun dari dalam kerajaan. Alur cerita drama ini pun begitu mengagumkan, kita akan mendapatkan ending yang begitu mengagetkan dimana kita akan dibawa berputar-putar yang ujung-ujungnya itu juga.

Biasanya saya tidak suka dengan drama berlatar sejarah alias saeguk, Hal itu dikarenakan cerita berlatar ini biasanya selalu mengenai kehidupan bangsawan kerajaan yang selalu disertai  berbagai formalitas yang melelahkan. Namun uniknya dalam drama ini ialah meski masih seputar bangsawan kerajaan kita tidak akan terlalu banyak melihat adegan formalitas sopan santun yang melelahkan bahkan kadang bisa membuat kita menikmatiya sambil tersenyum dan tertawa. Kita juga bakal disuguhi adegan laga yang cukup mengagumkan seperti adu pedang hingga adu kekuatan tenaga dalam Choi Young dan beberapa musuhnya. Catatan lain disini yakni mengenai Lee Min Ho yang berpenampilan dengan pedang dan rambut panjang yang diikat membuat saya teringat anime Samurai X, saya sempat berpikir Lee Min Ho sangat pas memerankan tokoh Kenshin Himura termasuk gaya bertarungnya, sayangnya Lee Min Ho mempunyai ukuran badan terlalu tinggi untuk menjadi Kenshin yang dikisahkan pendek.

Rating : 8.5

No comments:

Post a Comment