Saturday, August 31, 2013

[US-Series] Heroes Season 3 (2008-2009)

"Dalam suatu perjalanan, sang petualang harus bertanya, apakah ia mengambil jalur yang tepat? Banyak jalan yang panjang dan berliku dipenuhi oleh mereka yang tersesat. Sebagian membentuk jalurnya masing-masing, dipandu oleh nasib, bukan mencari suatu lokasi, tapi jiwa yang saling berhubungan. Yang lain melangkah bersama, menemukan keamanan pada sesamanya. Sebagian kecil berjalan keluar jalur untuk menghindari jalur yang penuh godaan. Tapi mereka yang mengamati jalur terlalu dekat tak dapat melihat tujuan jalur itu. Dan seringkali mereka terkejut saat mengetahui tujuan mereka".


Serial Heroes season sebelumnya berakhir bercabang sekaligus mengejutkan. Virus berhasil dihentikan, Adam Monroe yang tidak bisa mati dikubur hidup-hidup oleh Hiro, Nathan, Peter, dan Matt berencana membuka rahasia mereka didepan umum yang sayangnya Nathan harus ditembak, hingga beberapa tokoh yang mati seperti Alejandro dan Niki. Kini Heroes berlanjut di season 3 dengan dua volume sekaligus berjumlah 25 episode, volume 3 berjudul Villains dengan 13 episode dan volume 4 berjudul Fugitives, mungkin pengerjaan dua volume sekaliguslah yang membuat produksi season kali ini memakan waktu 2 tahun. Masing-masing volume mempunyai masalah besar tersendiri sehingga bisa dikatakan ini adalah dua season yang digabung menjadi satu season.

Pada volume tiga kita akan dikagetkan dengan masa depan 4 tahun kemudian dengan adegan Claire menodongkan pistol ke arah Peter. Ada yang salah sengan masa depan dan hal itu karena apa yang diungkapkan Nathan ke media tentang kekuatannya. Oleh karena itu Peter kembali ke masa lalu dan merusak sejarah seperti halnya Hiro di season sebelumnya. Peter kembali ke masalalu tepatnya di acara konferensi pers yang diadakan Nathan, Peter, dan Matt. Ternyata yang menembak Nathan adalah Peter masa depan, dia juga mengurung Peter masa kini ke dalam tubuh seorang kriminal super, sementara Matt dikirim ke Afrika dan bertemu seorang pelukis masa depan seperti Isaac. Kesalahan yang dibuat Peter terjadi, dia menghalangi Claire menemui Nathan dan membuatnya harus menghadapi Sylar yang pergi kerumahnya. Sylar berhasil memiliki kekuatan Claire namun Claire yang diotak-atik otaknya tidak jadi membunuhnya dan membuatnya tidak bisa merasakan rasa sakit. Hal itu membuat Claire marah karena tidak bisa merasakan sakit dan hal itu yang ditakutkan Peter masa depan hingga akhirnya dia memperbaiki segalanya dengan mengajak Peter asli ke masa depan dimana kekuatan super seperti barang dagangan yang bisa diperjual belikan. Hal itu akan menghancurkan dunia karena orang biasa bisa menjadi orang super dan pada akhirnya dipergunakan seenaknya. Hal itu mengarah pada suatu formula. Di lain cerita Hiro dan Ando yang kembali ke Jepang untuk menjalankan perusahaan Kaito, Hiro yang merasa bosan akhirnya kembali mendapatkan tugas. Hiro disuruh menjaga sebuah formula oleh ayahnya namun sayang formula itu dicuri oleh sebuah perusahaan. Perusahaan lama Noah Benner sudah mulai hancur namun muncul perusahaan lain yakni Pinehearst yang menginginkan formula itu agar bisa memberikan orang biasa kekuatan dan inilah misi utama volume ketiga.

Di lain cerita Mohinder kehilangan arah, karena ingin memiliki kekuatan dia meneliti Maya namun bukan untuk menghilangkan tapi untuk memberinya kekuatan. Sebuah formula berhasil diciptakannya dan menyuntikan dirinya, dia berhasil mempunyai kekuatan namun Mohinder tidak bisa mngendalikan kekuatannya dan terdapat efek samping kelainan fisik. Lalu rahasia lain terungkan, Bapak Nathan dan Peter ternyata masih hidup yang bernama Arthur Petrelli (Robert Forster) yang memiliki kekuatan mengambil kekuatan orang lain. Dan volume ini bercerita tentang keluarga Petrelli, pertarungan antara kubu Angela Petrelli melawan Arthur Peterelli. Peter tidak lagi memiliki kekuatan karena diambil oleh bapaknya.

Banyak yang terjadi ada volume ini, disertai beberapa karakter baru seperti Ali Larter yang sudah tidak lagi memerankan Niki Sander kini kembali dengan nama Tracy Strauss dan sekali lagi dia mampu menunjukan akting yang luar biasa karena mampu menjadi karakter yang berbeda dari Niki maupun Jessica. Tracy yang mempunyai kekuatan es sempat bingung hingga akhirnya dia menemukan jawaban kalau dia dan Niki adalah saudara kembar dan masih ada satu lagi. Lalu ada Daphne Millbrook (Brea Grant) yang mempunyai kecepatan luar biasa, dia bekerja dengan Pine hearst namun memiliki hati yang baik sehingga membuatnya dilema, selain itu matt melihat Daphne sebagai istrinya kelak setelah Matt mempunyai kekuatan melukis masa depan juga. Dan di volume ini Hiro lagi-lagi mengetahui berbagai rahasia tanpa harus bersentuhan langsung.

Ada beberapa hal yang lucu disini, Adam Monroe kembali ditolong Hiro namun sayangnya dia bukanlah apa-apa bagi Arthur yang sekali dpegang langsung mati. Sementara Arthur pun bisa dibunuh dengan cukup mudah dengan bantuan si orang Haiti dan kembali daya tarik utama tetap lah cerita yang misterius. Volume tiga berakhir dengan Nathan yang mulai setuju dengan ide ayahnya yang dulu ingin membunuhnya sekaligus mengkhianati ibunya. Formula itu berhasil dihancurkan dan Nathan yang marah dengan Peter  karena menghancurkan formula itu membunyikan genderang perang. Peter mengungkapkan rahasia orang-orang super ke pemerintah dan menjalankan program rahasia, yakni mengurung orang-orang super agar dunia menjadi aman. Ada suatu momen disini yakni ketika gerhana matahari terjadi orang-orang super kehilangan kekuatannya sebelum kembali mnedapatkannya setelah gerhana berakhir. Pada moment itu banyak yang sadar bahwa mereka bukanlah apa-apa tanpa kekuatan, banyak bermunculan pemikiran baru dan salah satunya pemikiran baru Nathan yang membahayan orang-orang super, volume ke empat pun dimulai.

Selain Nathan yang menjadi antagonis, season ini lebih banyak menyoroti Sylar. Disini Sylar sering kehilangan jati dirinya dan masih tidak tahu siapa dirinya. Mulai dari ditipu Arthur dan Angella bahwa Sylar adalah saudara Peter dan Nathan yang ternyata mampu merubahnya kearah lebih baik dan bertemu cintanya dulu, Elle makin membuatnya manusiawi hingga akhirnya semua kebohongan terbongkat membuat Sylar marah dan kembali, namun Sylar masih bingung dan pada akhirnya kembali menjadi antagonis utama yang kebingungan dengan jati diri.

Sempat kaget Sylar bersaudara dengan Peter namun akhirnya lega bahwa pertarungan Sylar dan Peter masih berlanjut, namun sayangnya Peter malah kehilangan kekuatan. Nathan sudah melaksanakan programnya, semua orang-orang super ditangkap seperti Matt, Hiro, Tracy, Mohinder, Daphne, hingga Peter. Sebagian besar tentang kabur dan melawan orang-orang yang menangkap mereka. Semuanya berusaha bertarung sementara Sylar mencari ayah aslinya demi mencari jati diri. Hingga akhirnya Nathan sadar dan Sylar membantu pemerintah. Beberapa karakter juga mati seperti Daphne dan Tracy bahkan Nathan.

Ada yang aneh bagi saya disini bahkan beberapa seperti tidak sejalan dengan cerita season pertama seperti Chandra Suresh yang ternyata sudah mengumpulkan orang super sejak usia muda seprti mengingkari penjelasan season pertama yang dipicu oleh Shanty bahkan seolah-olah dia yang sudah dipercaya pemerintah Amerika seperti orang bodoh di India. Juga tentang Molly Walker yang hilang karakternya, kemana sosok penting season satu dan dua ini, tidak ada cerita sama sekali. Keluarga Micah pun hilang ceritanya entah kemana, cuma ada cerita tentang Micah yang bertingkah sebagai "Rebel" menolong orang-orang berkemampuan khusus, karakter monica juga hilang. Lalu saya juga terganggu dengan orang-orang yang keras kepala setelah banyak kejadian menimpanya dan lelah bagaimana orang-orang itu berganti pemikiran dengan mudah dari baik ke jahat lalu ke baik lagi kemudian ke jahat lagi terus ke baik lagi, ahh. Terkadang alasannya tidak terlalu kuat untuk bisa menerima orang keras kepala berganti pemikiran. Visual effect pun terlihat semakin tidak rapi khususnya untuk efect es. Apakah pengerjaan season ini belum matang? entahlah tapi saya masih terhibur. Konflik semakin kompleks meskipun sudah bukan lagi konflik yang berdiri sendiri-sendiri melainkan sudah mulai konflik yang melibatkan beberapa karakter utama sekaligus yang menyatukan mereka. Namun meski begitu konflik masih tetap seru untuk menanti rahasia apa lagi yang terungkap meski sejauh ini belum ada konflik yang bisa menyatukan mereka semua. Pada akhirnya saya merasa meski konflik tetap menarik cerita semuanya makin terlalu dibuat-buat.

Rating : 8

No comments:

Post a Comment