Wednesday, August 28, 2013

[US-Series] Heroes Season 2 (2007)

"Manusia punya kemampuan untuk mengingat apa yang membentuk kita. Hanya kita spesies yang peduli tentang masa lalu. Kenangan-kenangan kita akan bersuara. Semua kenangan itu adalah sejarah sehingga manusia dapat belajar dari sejarah. Jadi manusia dapat selalu merasakan semua keberhasilan yang diperoleh. Dan selalu diingatkan akan semua kegagalan yang pernah dihadapi."


Heroes season 1 yang memiliki volume berjudul Genesis kini berlanjut keseason 2 dengan volume 2 berjudul Generation. Season pertama yang begitu menakjubkan diakhiri dengan berhasilnya para pahlawan menyelamatkan ancaman bom di New York meskipun harus mengorbankan beberapa orang seperti matinya Simone, si pelukis Isaac Mendez, si penghipnotis Eden McCain, si radioaktif Ted, hingga antagonis misterius yang cuma nampak beberapa episode saja namun punya peran sangat penting di cerita, Daniel Linderman. Season 1 berakhir dengan misteri seperti, apakah dua bersaudara Peter dan Nathan Petrelli mati setelah menyelamatkan New York, Hiro Nakamura yang terlempar ke Jepang 1671, Nasib Matt Parkman, hingga nasib antagonis yang mengerikan Sylar. Dan cerita mengenai kehidupan orang-orang yang memiliki kemampuan luarbiasa karya Tim Kring pun berlanjut dengan episode yang lebih sedikit, yakni 11 untuk menungkap berbagai rahasia yang masih mengambang di season 1.


Ada beberapa karakter baru bermunculan yang juga disertai hilangnya beberapa karakter. Karakter-karakter itu ialah dua bersaudara Meksiko Maya Herrera(Dania Ramirez) yang memiliki kekuatan aneh membunuh dengan matanya yang berubah menjadi & Alejandro Herrera (Shalim Ortiz) yang bisa menjadi penawar kekuatan saudaranya, West Rosse (Nicholas D'agosto) yang bisa terbang dan menjain chemistry yang baik dengan Claire, Ellen Bishop (Kristen Bell) yang bisa mengeluarkan listrik, Bob Bishop (Stephen Tobolowski) ayah Ellen yang bekerja di organisasi yang ditinggalkan Noah Bennet, Molly Walker (Adair Tishler) seorang bocah yang bisa mengetahui keberadaan orang-orang super dan dia muncul diakhir season 1, Caitlin (Katie Carr) wanita Irlandia yang menemani Peter, Monica Dawson (Dana Davis) sepupu Micah Sanders dengan kekuatan meniru gerakan yang dilihatnya, hingga antagonis baru bernama Adam Monroe (David Anders) yang juga dulu menjadi Takezo Kansei dan punya kekuatan seperti Claire, yakni mampu menyembuhkan diri.

Cerita bermula dengan menceritakan keadaan masing-masing karakter 4 bulan setelah peristiwa ancaman ledakan di New York. Nathan Petrelli masih hidup dan bersama ibunya Angela Petrelli (Cristine Rose) meratapi kematian Peter Petrelli, namun ternyata Peter masih hidup terdampar di Irlandia dan kehilangan ingatannya. Hiro Nakamura terdampar di Jepang 1671 bertemu idolanya Takezo Kansei yang ternyata orang inggris, dia harus menghadapi kenyataan yang berbeda dengan apa yang diyakininya sehingga membuatnya merusak sejarah, Ando Mashashi menunggu Hiro dan harus menyaksikan ayah Hiro, Kaito Nakamura dibunuh oleh idola Hiro. D.L. Hawkin mati terbunuh, Niki Sanders terkena virus dan diobati di organisasi Bob dan Jessica menghilang, sementara Micah dititipkan disaudaranya. Claire dan Noah mengganti nama keluarganya dan pindah dari Texas untuk memulai hidup baru dengan menyembunyikan identitas, Matt bercerai dengan istrinya dan kini tinggal dengan Molly dan Mohinder, sementara Mohinder bekerja sama dengan Noah untuk menghancurkan organisasi dari dalam. Lalu ada karkater baru Maya dan Alejandro yang mencari Chandra Suresh untuk menceritakan masalah mereka dan mereka bertemu Sylar yang selamat dan kehilangan kekuatannya. 

Cerita di season ini masih memiliki akar-akar yang belum menyatu, mereka punya masalah masing-masing hingga akhirnya menyatu menjadi beberapa akar. Ada beberapa konflik besar disini, yakni mengenai usaha konspirasi Noah-Mohinder menjatuhkan perusahaan yang akhirnya membuat Noah diserang balik dan Mohinder mempertanyakan mana yang benar mana yang salah. Sejauh yang saya lihat, saya berpendapat keduanya sama benar hanya eksekusinya yang bisa melahirkan suatu kesalahan. Lalu ada Sylar yang membodohi Maya dan Alejandro untuk mengejar Suresh mendapatkan kembali kekuatannya. Dan yang saya pikir menjadi konflik utama, mengenai rencana pembunuhan beruntun pendiri perusahaan 30 tahun lalu, atau tepatnya generasi Heroes yang pertama yang merupakan orang tua generasi Heroes sekarang yang saling berhubungan seperti ayah Hiro, kaito Nakamura, ayah dan ibu Peter & Nathan, ayah Matt, Linderman, ayah Simone yang bernama Charles yang dulu sempat dirawat Peter, Bob Bishop, Victoria Patt, dan Linderman. Mereka semua diburu oleh salah satu anggota mereka yang dulu mereka kurung yakni Adam Monroe yang telah hidup selama 400 tahun. Adam mengincar Virus Shanti yang membunuh kakak Mohinder untuk menghancurkan populasi dunia.

Dari segi masalah saya berpikir season satu lebih seru dan lebih kompleks namun bukan berarti season dua tidak seru. Cerita season dua juga cukup bercabang hanya saja tidak sebanyak yang pertama, mungkin dikarenakan episodenya yang sedikit sehingga cerita tidak terlalu rumit meskipun temponya tidak secepat yang pertama. Meski begitu kita tetap akan kecanduan untuk melanjutkan episode. Ending season dua jauh lebih memuaskan dibanding yang pertama. Cerita yang saya pikir kadar menariknya sama dengan ending yang memuaskan namun cerita yang kurang rumit membuat saya berpikir season pertama lebih baik. Belum lagi saya lihat ada beberapa visual effect yang tidak sempurna seperti kobaran api, season pertama saya pikir jauh lebih rapi.

Rating : 8

.  

No comments:

Post a Comment