Monday, September 16, 2013

[Anime] Ao No Exorcist (2011)

"Bekerjasama dengan temanmu dan mempercayai mereka adalah hal yang paling penting. Jadi apapun yang terjadi lakukan apa yang merupakan bagian dan tugasmu" Kirigakure Shura.


Exorcist berarti pengusir hantu atau makhluk supernatural lainnya. Ao no Exorcist yang berarti Blue Exorcist merupakan Anime yang manga nya diciptakan oleh Kazue kato pada 2009 dan sampai saat ini masih berlanjut, Animenya sendiri disutradarai oleh Tensa Okamura dan di produksi A- Picture. Anime 25 episode ini bercerita tentang anak setan yang ingin menjadi pembasmi setan.

Anime ini bercerita tentang Rin Okumura yang merupakan sosok pembuat masalah, yang bisa dia lakukan adalah memasak dan menggunakan kekuatan fisiknya yang tak masuk diakal. Namun hal itu tak membuatnya mendapatkan kehidupan yang normal, dia selalu kehilangan kendali akan emosinya sehingga kerap kali merugikan lingkungan sekitar. Rin memiliki saudara kembar bernama Yukio Okumura. Meski kembar Yukio sangat berbeda dengan kakaknya dengan fisik yang lemah, pintar, dan penampilan yang rapi dan berbeda jauh dengan saudaranya. Keduanya diasuh oleh para pendeta yang dipimpin oleh Fujimoto Shiro yang sekaligus merupakan Exorcist yang melegenda, namun hal itu dirahasiakan dari Rin.

Suatu hari Rin seperti merasakan sesuatu yang aneh seperti munculnya kobaran api biru secara tidak sengaja hingga melihat makhluk halus. Shiro yang menyadari hal itu mulai mengawasi Rin lebih ketat hingga suatu hari Rin dikejar oleh makhluk halus yang berniat membawanya ke alam mereka dan Shiro yang merupakan ayah angkatnya pun menyelamatkannya. Shiro yang sadar bahwa inilah waktu yang tepat untuk menceritakan semuanya pada Rin, yakni bahwa Rin adalah putra dari satan, raja makhluk halus yang terlahir dari manusia. Rin masih kaget akan hal itu seakan masih tidak percaya begitu pula pertanyaan-pertanyaan yang mulai banyak timbul dikepalanya, namun keadaan saat itu tidak memungkinkan. Rin juga diberitahu tentang pedang Kurikara, yakni pedang yang saraungnya menyegel kekuatan setannya, apabila dibuka maka kekuatan setan itu muncul. Namun sayangnya yang mendapat kekuata itu hanyalah Rin sementara Yukio yang memiliki fisik lemah menolak kekuatan itu.

Shiro berusaha melindungi Rin dari kejaran makhluk halus yang ingin membawanya, Rin disuruh bersembunyi dan para pendeta yang sekaligus exorcist berusaha melawan, dan perang pun terjadi di gereja mereka. Insiden itu akhirnya membuka segel yang menghubungkan dunia Gehenna (makhluk halus) dan dunia Assiah (manusia) dan yang bisa membukanya hanyalah satan. Kejadian itu menyebabkan tewasnya Shiro yang bunuh diri karena dirasuki oleh Satan, sementara itu Rin yang marah akhirnya membuka pedang dan menghancurkan gerbang penghubung dunia Gehenna dan Assiah. Akibat insiden itu Rin bertekad untuk mengalahkan Satan dan menjadi Exorcist. Dan tekad itu akhirnya disetujui oleh kawan Shiro bernama Mephisto Pheles, seorang iblis yang menjadi kepala sekolah akademi Exorcist.

Di akademi itu Rin memulai petualangannya dan menemukan berbagai rahasia seperti dugaannya tentang Yukio yang menjalani hidup normal ternyata salah karena Yukio sudah mencapai tahap Exorcist di usia yang sangat muda dan bia dibilang veteran. Lalu pertemuannya dengan teman-temannya seperti Ryuji Suguro, Shiemi Moriyama, Izumo Kamiki, Konekomaru Miwa, dan Renzo Shima. Disana Rin belajar berbagai hal tentang ilmu membasmi makhluk halus meskipun pada akhirnya otaknya tidak mampu menerima pelajaran dengan mudah. Rin pun hanya mengandalkan kekuatan satannya ketika berhadapan dengan makhluk halus yang tentunya dirahasiakan dari teman-temannya. Tidak hanya itu, Rin dan Yukio pun harus ikut menjadi korban berbagai konspirasi dari para kalangan elit seperti vatikan.

Sebenarnya untuk ukuran 25 episode saya merasa tempo konflik anime ini seperti agak lambat, terlalu banyak episode selingan yang cuma sekedar tambahan cerita tanpa ada kaitan dengan konflik utama da itu membuat ketertarikan menanti episode berikutnya agak berkurang meskipun pembangunan konflik di awal cerita begitu menarik. Meski begitu gambar yang bagus, humor yang asik serta adegan pertarungan yang cukup menghibur bisa menjadi alasan untuk menantikan aksi berikutnya.

Rating : 7.5

No comments:

Post a Comment