Wednesday, September 18, 2013

[K-Drama] Dream High (2011)

"Proses mencapai mimpi itu adalah pengalaman yang sangat menyenangkan" Song Sam Dong.


Dream High, seperti namanya drama ini berbicara tentang menggapai suatu mimpi setinggi apapun itu. Dream High bercerita tentang enam siswa sekolah seni mencoba menggapai mimpinya. Drama 16 episode ini disutradarai oleh Lee Eung Bok dan diproduseri Bae Yong Joon dan Park Jin Youn yang keduanya ikut bermain disini. Sebagian besar pemeran yang bermain disini juga merupakan debutan meskipun sebagian besar sudah lebih dulu tenar didunia tarik suara dan sebagian besar pula merupakan naungan perusahaan musik JYP Entertainment milik Parrk Jin Youn.


Cerita ini berawal dari Go Hye Mi (Suzy) yang merupakan penyanyi klasik yang sangat berbakat, namun dibalik bakatnya yang memukau Hye Mi memiliki masalah terhadap sikapnya yang angkuh dan sombong. Selama ini Hye Mi hanya mempunyai seorang teman bernama Yoon Baek Hee (Eun Jung) yang selalu mengikutinya. Suatu hari Hye Mi ditangkap oleh penagih hutang karena ayahnya mempunyai hutang yang besar, karena Hye Mi tidak mampu membayar dia ditawari seuatu kesepakatan, yakni Hye Mi harus bersekolah di SMA Sekolah Seni Kirin dan menjadi bintang pop untuk menghasilkan uang guna membayar hutangnya. Hal ini membuat Hye Mi dilema karena mimpinya selama ini sebagai penyanyi klasik terancam. Pada akhirnya Hye Mi pasrah dan ternyata Baek Hee sudah menetapkan tujuan menuju Kirin.

Sayangnya Hye Mi yang melakukan seleksi bersama dengan Baek Hee tidak lolos, sementara Baek Hee berhasil lolos. Karena suatu alasan Hye Mi yang tertekan keadaan serta karakternya yang angkuh membuatnya mencaci maki Baek Hee, karena sudah terlanjur hubunga mereka pun berubah layaknya kucing dan anjing yang selalu bermusuhan. Meski begitu Hye Mi mempunyai kesempatan masuk Kirin asalkan mampu membawa dua orang masuk dengan status siswa khusus, yakni adalah Song Sam Dong (Kim Soo Hyun) pemuda kampung yang polos namun mempunyai bakat alami berupa suara yang indah, dan juga Hyun Si Hyuk atau Jin Guk (Taecyeon) seorang pemuda jalanan yang suka menari. Yang bertanggung jawab mengurus tiga siswa ini adalah Kang Oh Hyuk (Uhm Ki Joon) seorang guru Kirin yang bisa dibilang payah dalam mengajar namun pada akhirnya dia tersadar dan kembali berusaha keras membimbing ketiga murid dan murid lainnya tentunya. Selain itu karakter lain yang menjadi kunci drama ini adalah Kim Pil Suk (IU) wanita gendut yang polos namun memiliki suara yang sangat indah ini pada akhirnya terlempar ke kelas khusus karena terpinggirkan. Lalu ada Jason (Wooyoung) siswa paling berbakat di Kirin selama audisi dimana dia jago menari dan juga pandai bernyanyi. Lalu guru Kirin lainnya yang punya peranan penting yakni Shi Kyung Jin (Lee Yoon Ji) yang mempunyai metode yang berlawanan dengan guru Kang, yakni keras dan disiplin, meski awalnya menentang ketiga murid khusus pada akhirnya guru Shi dan guru Kang bekerjasama membantu murid-murid mereka. Dan yang tak dilupakan adalah Yang Ji Man (Park Ji Youn) yang merupakan teman Kang yang kocak namun berbakat yang turut membantu mengajari Hye Mi dan lainnya berbagai ilmu. Mereka berusaha semaksimal mungkin agar dapat terjun kedunia musik profesional.

Selain cerita mengejar mimpi mereka juga ada cerita romance, dengan ciri Korea umumnya tentang cinta bersegi, di drama kali ini yang terlibat adalah Hye Mi - Sam Dong - Jin Guk. Sementara itu dua cerita lainnya yakni Jason - Pil Suk dan guru Kang - guru Shi akan mengocok perut anda.

Juga masih ada tentang sebuah liontin pemberian direktur yang mengusulkan murid khusus dimana ketika seseorang sedang memiliki liontin itu berarti saatnya fokus cerita beralih dan yang memegang liontin itu akan menyelesaikan masalahnya. Peran liontin disini terlihat penting meski tidak terlalu diberi penekanan akan kesakralannya.

Drama ini hampir terasa sempurna, dimulai dari karakter yang kuat, pengembangan karakter yang jelas dan rinci seperti bagaimana Hye Mi sadar akan keangkuhannya atau Baek Hee yang menjadi sosok sinis, konflik yang menarik, kompleks, sebab-akibat yang jelas, serta penyelesaiannya yang tak terduga,  pesan moral yang sanga banyak, komedi yang berhasil, sinematografinya pun menurut saya yang paling sempurna dan indah di pandang dibanding beberapa drama lainnya, belum lagi soundtrack yang asik di dengar dan scoring musik yang selalu pas untuk tiap suasana dan pembangunan suasananya seolah kita diberitahu tentang suatu penekanannya.

Sayangnya masih ada beberapa hal yang mengganjal, selain ending yang dikritik semua penggemar Dream High karena menggantung, saya juga mencatat ada yang salah dengan figuran. Yap, figuranya terlalu sedikit sehingga yang nongol itu lagi itu lagi, bahkan terdapat scene memperlihatkan dua tempat berbeda dan waktu yang sama dengan figuran yang sama.

Rating : 8.5

No comments:

Post a Comment