Tuesday, September 10, 2013

[US-Series] Heroes Season 4 (2010)

"Mungkin kau harus mengingat siapa kau sebelumnya untuk tahu ingin menjadi siapa kau ini."
 Noah Bennet.
Heroes season 3 berakhir  dengan matinya sebagian Sylar begitupun Nathan. Nathan dan Peter bertarung melawan Sylar yang menyamar menjadi Nathan agar bisa bersentuhan dengan presiden kemudian menyamar menjadi presiden. Namun pertarungan itu berakhir dengan Sylar yang berhasil membunuh nathan namun Sylar berhasil dibius oleh Peter. Mengetahui anaknya mati, Angela Petrelli tidak terima dan kembali menjalankan tipuannya, dengan mengguanakan kekuatan Matt Parkman dan disaksikan Noah Bennet, jasad Sylar dimasukan ingatan Nathan sementara ingatan Sylar dihapus oleh Matt dengan itu wajah Sylar berubah menjadi Nathan, ketiganya harus menjaga rahasia ini dan cerita berlanjutan. Season kali ini memiliki judul Redemption (penebusan) dengan 18 episode dan akan menjadi final season.
Awal episode seperti biasa, masing-masing karakter kembali ke kesibukannya masing-masing dengan masalah-masalah yang pada akhirnya menyatukan mereka kembali. Claire Bennet memasuki dunia kuliah dan kembali berusaha menjadi orang normal, Noah Bennet diceraikan dan menjalani hidup yang tak karuan, Peter kembali ke kehidupan lamanya sebaga Paramedis yang menolong orang-orang dengan bantuan kekuatannya, Hiro Nakamura ditemani Ando Mashashi yang mempunyai kekuatan listrik merah mendirikan bisnis "Pahlawan Panggilan" namun sayangnya Hiro memiliki tumpr otak sebagai dampak dari kekuatannya dan hal itu membuat Hiro tanpa sengaja menjelajahi aktu untuk memperbaiki segala yang salah dalam hidupnya, Tracy Strauss memburu petugas pemerintah yang memburunya dulu, Mohinder Suresh kembali ke India, Matt Parkman kembali ke keluarga lamanya dengan anaknya Matty dan istrinya Janice, sayangnya akibat dari perbuatannya terhadap Sylar membuat Matt kehilangan kontrol karena Sylar terpenjara dalam kepalanya, sementara Nathan kembali menjadi senator namun pada akhirnya menyadari keganjilan yang aneh pada dirinya.

Selain tokoh-tokoh lama juga terdapat beberapa tokoh baru yang akan menjadi antagonis, yakni hadirnya sekumpulan kelompok mausia super dalam suatu karnaval yang dipimpin Samuel Sullivan (Robert Knepper). Cerita dibuka dengan meninggalnya salah satu anggota karnaval yakni Joseph Sullivan yang merupakan kakak dari Samuel. Samuel yang mengambil alih posisi Joseph sebagai pemimpin memulai aksinya dengan mengumpulkan orang-orang super lebih banyak dalam karnaval dengan alasan mengumpulkan mereka yang tersesat. Namun pada akhirnya terbukalah rahasia Samuel dengan rencana jahatnya, yakni dimulai dari kepentingan pribadinya untuk mewujudkan kehidupan asmaranya yang pada akhirnya ditolak, lalu Joseph yang ternyata dibunuh oleh Sullivan sendiri, kekuatan Samuel yang semakin kuat apabila ada orang-orang super disekitarnya, hingga niat membuat orang biasa mengakui kekuatan mereka dengan cara membunuh. Hiro, Ando, Mohinder, Noah, Claire, Peter, hingga Sylar bersatu melawan Samuel.

Sylar pada akhirnya menemukan jalan bertobat. Pada season ini cerita labil Sylar masih menjadi suguhan utama lainnya, setelah lepas dari kepala Parkman dan mengacaukan hidup Matt agar kembali ke jasadnya, kembalinya Sylar ke jasadnya otomatis membuat Nathan menghilang seutuhnya Sylar pun sempat meneror Peter dan Angela namun pada akhirnya dia ketakutan menjadi sendiri seperti yang dikatakan Hiro. Sylar mencari jalan bagaimana agar dia tidak sendiri hingga akhirnya dia mencari cara kembali ke Matt untuk memintanya memusnahkan kemampuannya, namun Matt tak percaya dan membuat Sylar terperangkap dalam mimpi buruknya, sayangnya Peter yang memang masih dendam ke Sylar terpaksa menolongnya demi menghentikan Samuel. Sylar yang menjadi sadar setelah terperangkan mencoba bertobat dengan menolong Peter yang meminta bantuannya menyelamatkan Emma, teman kerja Peter yang tak bisa mendengar namun mempunyai kekuatan melihat suara.

Season 4 berakhir di episode 18, namun di episode itu adalah pengenalan volume 6 berjudul "Brave New World", Samuel ditangkap dan Claire mempublikasikan diri ke media mengenai kekuatannya dengan tekad orang-orang sepertinya tidak perlu menutupi diri dan berusaha hidup berdampingan dengan manusia normal. Saya berpikir bukankah hal ini pernah dilakukan oleh Nathan yang akhirnya ditembak karena nantinya menjadi kacau?. Ending season ini masih menggantung begitu pula dengan volume 6, masih berlanjut?. Ceritanya memang masih berlanjut sayangnya NBC memilih untuk memutus kerjasama karena rating yang semakin menurun, hal itu membuat Heroes tidak pernah bisa melanjutkan seasonnya dan Heroes pun melanjutkan season 5 dalam bentuk komik. 

Sebenarnya meski penasaran dengan ending yang menggantung tapi menganai rating menurun rasanya saya setuju. Cerita ini tak pernah mencapai puncak, pertarungan terbaik pun saya pikir hanya di season 1 dimana semua karakter bersatu membantu Peter menghadapi Sylar. Sebenarnya saya berharap cerita yang tersusun rapi dan menarik di season satu membuat semuanya terhubung dan bersatu melawan sesuatu yang besar entah itu Sylar atau musuh lain. Adam Monroe terlalu lemah, begitupun Samuel Sullivan, hanya Arthur Patrelli yang menarik namun bukan dari pertarungan, hanya menarik dari segi plot dimana para karakter adu strategi. Yang membuat saya kecewa adalah karakter yang pada akhirnya tidak terlalu terhubung dan hanya mengedepankan beberapa konflik saja, sampai 4 season ini saya mencatat konflik yang dikedepankan hanyalah mengenai keluarga Petrelli, konflik Claire dan jati diri Sylar, bahkan konflik Hiro tidak pernah bersentuhan langsung dengan mereka, hanya berhubungan dengan musush secara tak langsung, belum lagi tidak kuatnya karakter Mohinder lalu tidak jelasnya dan menghilangnya peran Molly Warker dan Micah Sanders di season selanjutnya membuat saya bertanya untuk apa mereka dikisahkan kalau pada akhirnya mereka tidak ikut andil apapun dalam duel besar?. memang sangat tidak layak dikatakan final season karena memang belum selesai, bagi yang ingin melanjutkan kisahnya silahkan cari season 5-nya melalui komik. Heroes season 1 adalah amazing yang mampu mendapatkan rating sangat tinggi tapi secara keseluruhan serial Heroes tak pernah mencapai puncak klimaks.

Rating : 7

No comments:

Post a Comment