Saturday, September 21, 2013

[K-Drama] School 2013 (2012-2013)

"Membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan melelahkanmu" Jung In Jae.

Melalui judulnya tentunya kita sudah menebak cerita seperti apa yang akan tersaji. School 2013 merupakan ramake ke 5 sejak pertama kali diputar pada tahun 1999. Drama 16 episode ini bercerita tentang permasalahan kehidupan sekolah yang biasa terjadi di Korea Selatan baik itu konflik antar murid, guru, hingga sistemnya. Drama ini bisa dibilang unik karena latarnya bisa dibilang 90% di sekolah dan tanpa ada plot romance. School 2013 ini disutradarai oleh Lee Min Hong dan Lee Eung Bok serta diproduseri Hwang Ee Kyung.


Drama ini mempunya banyak cerita dari masing-masing karakter. Kisah ini bercerita tentang kehidupan di sekolah SMA Seung Ri kelas 2-2. Jung In Jae (Jang Na Ra) yang merupakan guru pelajaran sastra Korea didaulat sebagai wali kelas 2-2 yang dianggap sebagai kelas yang merepotkan. Dan memang benar guru Jung sangat kesulitan menghadapi mereka dimulai dengan trio berandal yang dipimpin Oh Jung Ho (Kwak Jung Wook), murid-murid yang sangat mementingkan nilai seperti Song Ha Kyung (Park Se Young), murid dengan orang tua yang suka ikut campur masalah sekolah seperti Kim Min Ki (Choi Cang Yub) dimana dia sendiri tertekan dengan sikap ibunya, siswa pindahan dengan catatan mengkhawatrkan Park Heung Soo (Kim Woo Bin), hingga murid yang suka tidur dan tidak memiliki tujuan dalam sekolah seperti Go Nam Soon (Lee Jong Suk) dan masih ada banyak karakter lainnya yang sangat beragam. Namun guru Jung nantinya akan dibantu dengan Kang Se Chan (Choi Daniel) yang menjadi guru sekolah karena niat rencana tertentu dimana dia sebenarnya adalah guru les privat yang menjaga jarak dengan muridnya dan lebih menyukai murid yang suka belajar ketimbang murid yang tidak mau belajar dan memiliki nilai rendah. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan guru Jung yang pada akhirnya menjadi guru yang menyayangi dan berusaha membimbing kelas segudang masalah itu menjadi lebih baik dengan idealisme kunonya yang penuh perasaan. Guru Jung dan Guru Kang pun menjadi wali kelas bersama namun yang menjadi masalah karakter dan juga metode belajar keduanya yang sama-sama mengajar Sastra Korea ini sangatlah berbeda.

Meski punya banyak konflik dari masing-masing karakter, tapi pengambilan sudut padang pada akhirnya berfokus pada guru Jung dana Go Nam Soon. Go Nam Soon yang tidak mau terlihat menonjol pada akhirnya menjadi ketua kelas yang sebenarnya sangat tidak terlihat berwibawa, namun dia menjadi orang yang peduli terhadap orang lain.

Walau sebenarnya saya mengerti alasan pemilihan cast Jang Na Ra sebagai guru Jung yakni karena muda dan bertubuh kecil akan mengakibatkan sulitnya meraih respect siswa yang akan mendukung cerita, tetap saja saya merasa guru Jung dan juga guru Kang seperti terlalu muda untuk menjadi guru. Meskipun kualitas akting saya pikir bagus tetap merasa kurang pas.

Drama ini bisa dibilang bilang bukanlah cerita ringan meskipun bertema sekolah karena dari awal kita sudah disuguhi sesuatu yang serius. Meski begitu dengan melibatkan karakter yang banyak cerita ini mampu terlihat menarik. Lalu, meskipun cerita sekolah dirasa tidak lengkap tanpa kisah romansa namun pemilihan akan tak adanya plot romance namun masih menarik rasanya menjadi poin plus tersendiri. Meskipun menciptakan chemistry pasangan itu sulit, tetapi membuat cerita dengan mencegah chemistry terbentuk juga rasanya sama sulitnya karena dibutuhkan keahlian para pemain agar menjaga pandangan dan sentuhan agar tak tercipta aura romansa. Hal itu terlihat terjaga cukup baik dari awal, namun mendekati akhir rasanya seperti ada beberapa kebocoran, entah itu sesuai skrip atau memang bocor. Terlepas dari itu drama ini sangatlah direkomendasikan untuk guru karena sebagian besar ceritanya lebih mengarah kepada bagaimana para guru membantu para muridnya.

Rating : 8.5

No comments:

Post a Comment