Sunday, March 10, 2013

[US-Series] Supernatural Season 1 (2005)

SAVING PEOPLE ….. HUNTING THINGS ….. THE FAMILY BUSINESS
Bagaimana jika makhluk-makhluk gaib seperti setan, iblis, roh, monster, dan semacamnya yang biasanya diceritakan menggangu atau bahkan memangsa manusia justru malah diburu balik oleh manusia?. Yup hal ini akan terjadi didalam cerita US Series Supernatural. Series ini diproduseri ole Eric Kripke yang di produksi pada tahun 2005 dengan 22 episodenya.

 
Supernatural berkisah tentang petualangan dua Winchester bersaudara , Dean Winchester (Jensen Ackles) dan Sam Winchester (Jared Padelecki) dalam memburu hal-hal yang berbau supernatural. Dalam season pertama ini kedua bersaudara tersebut mempunyai misi mencari ayahnya yang hilang. Namun, meski dalam sebuah misi pencarian, pekerjaan mereka dalam menyelamatkan orang dari hal-hal supernatural tetap dilakukan, tentu saja karena ini adalahFamily Business.

Mary Winchester yang terbunuh secara mengenaskan
Cerita bemula ketika dua Winchester ini masih anak-anak. Sebuah tragedi terjadi ketika ayah mereka John Winchester menemukan sang Ibu, Mary Winchester mati dibunuh sesosok iblis dengan cara yang mengenaskan tepat dihadapan Sam yang waktu itu masih bayi. Semenjak peristiwa itu, keluarga Winchester yang dulunya terlihat bahagia kini berubah drastis, John melatih kedua anaknya menjadi pemburu hantu dengan tujuan utama membalaskan dendam kepada makhluk yang membunuh Mary. Beranjak dewasa Dean mengikuti ayahnya menjadi pemburu hantu karena Dean berpendapat hal ini sudah menjadi urusan bisnis bagi keluarganya, sementara Sam yang tidak tahu apa-apa tentang tragedi yang menimpa ibunya justru menjadi pemberontak yang selalu membangkang perintah ayahnya. Sam yang menginginkan kehidupan layaknya keluarga normal itupun  akhirnya memutuskan pergi dari rumah hingga akhirnya sukses di dunia pendidikan menjadi sarjana hukum di Stanford University.
Kehidupan Sam yang sebelumnya terlihat normal akhirnya “dikacaukan” kembali oleh kakaknya, Dean yang kembali muncul di kehidupannya. Dean membawa berita mengenai hilangnya sang ayah dan berniat mengajak Sam kembali ke hal-hal aneh yang sebelumnya ditinggalkannya untuk mencari John Winchester. Tapi Sam menolak hingga akhirnya makhluk yang membunuh ibunya kembali muncul dan membunuh Jessica, pacar Sam. Kejadian ini membuat Sam ikut bersama Dean mencari ayahnya yang belakangan diketahui kalau John pergi memburu iblis yang membunuh istrinya.
Dalam perjalanan inilah muncul berbagai cerita menarik yang tentunya tidak terlepas dari hal-hal yang berbau supernatural. Dalam perjalanan itu mereka mencari kasus-kasus aneh yang ada ditempat yang kebetulan mereka lalui. Dengan bermodalkan jurnal sang ayah yang ditemukan dalam perjalanan, Winchester Brothers mendapat berbagai informasi berharga yang ditulis oleh ayahnya seperti info, sejarah, dan bagaimana cara membasmi makhluk-makhluk gaib. Di tengah perjalanan, berbagai cerita yang berkaitan dengan terbunuhnya ibu mereka mulai terkuak. Seperti munculnya kemampuan aneh Sam yang mampu meramal kematian melalui mimpinya yang ternyata kemampuan-kemampuan aneh itu tidak hanya dimilik Sam, tapi juga anak-anak yang senasib dengan Sam (Ibunya mati dengan keadaan yang sama tepat ketika dia berumur 6 bulan). Belakangan diketahui bahwa ternyata iblis itu mempunyai rencana bagi anak-anak yang dikunjunginya, rencana apa itu? Itu lah yang akan dijelaskan pada season-season berikutnya.
Watak kedua tokoh utama ini sebenarnya bertolak belakang. Dean yang kadang suka bertingkah konyol, ucapannya yang ceplas-ceplos, perayu wanita, dll tapi sangat menyayangi dan melindungi Sammy –panggilan Dean ke Sam- yang berwatak serius, pendiam, dan teliti. Perbedaan watak keduanya membuat cerita menjadi lebih menarik dengan selingan pertengkaran adu argumen keduanya serta unsur humor ala sindiran mereka. Meski sering bertengkar namun tetap tak menghilangkan keterikatan emosional yang kuat dalam konteks hubungan persaudaraan adik-kakak, hal ini terlihat hampir di setiap akhir episodenya dan sepertinya sukses mengetuk sisi emosional penonton. Selain itu mereka juga sangat pintar dalam urusan menyamar. Hampir di setiap episodenya mereka selalu menyamar untuk mendapatkan informasi tentang buruannya seperti menjadi agen FBI, detektif, polisi, petugas alarm, pendeta, dll meski terkadang aksi mereka ini terungkap.
Kebanyakan makhluk-makhluk gaib yang muncul di Supernatural berasal dari legenda-legenda yang berasal dari Amerika. Di tiap episodenya kita akan melihat hantu-hantu dan cerita yang berbeda-beda. Satu episode dengan episode lainnya sebenarnya tidak saling terikat, tapi selalu ada pembahasan mengenai jejak sang ayah dan kasus sang ibu yang berkaitan dengan iblis ditiap episodenya meski hanya beberapa kalimat saja.
Namun, ketegangan yang disajikan di season pertama ini sepertinya kurang terasa di episode-episode awal dan selain itu meski serial ini melibatkan hantu-hantu, serial ini memiliki kadar seram yang rendah. Makhluk-makhluk yang dihadapi Winchester Brothers terlihat tidak terlalu sulit untuk dibasmi. Tapi, penyelidikan dalam mengungkap makhluk apa yang dihadapi serta bagaimana cara membasminya terlihat sangat menarik. Sehingga bisa disimpulkan series ini di season pertamanya lebih menyoroti ketegangan di dalam penyelidikan ketimbang ketegangan dalam eksekusi makhluk itu sendiri. Hal ini membuat cerita terlihat tidak berimbang, permulaan yang menarik, penyelidikan yang rumit, tapi penyelesaiannya terlalu mudah.
Dari segi pengembangan cerita sebenarnya temponya agak sedikit lambat, tapi penyelipan episode yang berkaitan dengan konflik utama dengan selingan episode dengan konflik terpisah terasa sangat pas dan tak terlihat jumping. Dan dengan pengembangan cerita yang lambat ini justru membuat penonton seperti terhanyut penasaran menanti kelanjutan episodenya. Secara keseluruhan serial ini terlihat bagus namun tidak terlalu memuaskan. Tempo yang lambat dengan pengembangan yang menarik namun selalu gagal mencapai klimaks rasanya sangat tepat dijadikan alasan.
Komentar yang terakhir ini sebenarnya diluar konteks penilaian, namun rasanya sangat mengganggu apabila tidak diungkapkan. Karena memang film ini mengambil tema hal-hal supernatural maka tidak aneh rasanya kalau di serial ini banyak simbol-simbol satanisme bertebaran ditiap episodenya. Jangan sampai kalian ikut-ikutan meniru simbol-simbolnya apalagi jika kalian tidak tau maknanya yang hanya untuk keren-kerenan, karena itu tidaklah keren broo !
Rating : 8

No comments:

Post a Comment