Sunday, July 28, 2013

[Anime] Nurarihyon No Mago (2010)

"No one's gonna follow a guy who bears the corpses of his comrades" Rikou Nura

Nurarihyon No Mago bercerita mengenai makhluk mitos yang berasal dari Jepang, yakni Yokai. Sekedar info, yokai bagi masyarakat Jepang adalah makhluk yang mengerikan entah itu hantu, monster, siluman, dan lainnya dan pastinya yokai merupakan makhluk supernatural alias gaib. Nah anime ini bercerita tentang seseorang yang setengah yokai setengah manusia, agak mirip Inuyasha. Anime 26 episode ini diproduksi Studio DEEN, disutradarai Michio Fukuda dan manganya dibuat oleh Hirosi Shiibashi.
Nura Rikou adalah siswa SMP berumur 13 tahun yang merupakan setengah manusia setengah makhluk halus alias yokai. Dirumahnya terdapat banyak sekali Yokai, hal itu dikarenakan  Nura merupakan cucu dari pemimpin tertinggi Yokai klan Nura, Nurarihiyon dan akan menjadi penerusnya. Bapak Nura yang telah pun meninggal dipandang terhormat dan kuat oleh anggota klan.Oleh kakeknya, Nura Rikou direncanakan menjadi Sandaime. Namun Nura Rikou menolaknya dan lebih memilih menjadi manusia. Karena itu para anggota klan Nura mulai merasa khawatir akan masa depan klan.

Di sekolahnya, Rikou berteman dengan orang-orang yang justru terobsesi dengan melihat Yokai. Diantara teman-temannya itu terdapat perempuan yang dia sukai, Kana, dan juga ada Onyomoji, seorang pembasmi Yokai. Selama melakukan aktivitasnya menjadi manusia, Rikou dijaga oleh dua Yokai yag setia, bahkan salah satunya yang bernama Yuki-Ona ikut bergabung bersama teman-teman Rikou yang terobsesi dengan Yokai.

Nura Rikou yang mendapatkan darah manusianya dari Nenek dan Ibunya memiliki keanehan yang didapatnya sejak berumur 8 tahun. Yakni dia bisa berubah menjadi Yokai ketika malam hari dan kembali menjadi manusia di siang hari. Ketika berubah menjadi Yokai, sosok manusianya tidak mengingat kejadian saat dia berubah, namun seiring berjalannya waktu Rikou sudah bisa sadar dan mengaturnya walaupun perubahan siang dan malam yang dialaminya tetap terjadi.

Sifat Rikou yang berpikir layaknya manusia membuat klannya khawatir. Para klan menganggap  citra Yokai sebagai makhluk yang ditakuti manusia akan musnah jika dipimpin oleh Rikou, keraguan inilah yang harus diatasi Nura Rikou. Namun ketika keadaan klan sedang krisis karena diserang klan lain, Nura Rikou mulai berubah pikiran. Ketika sosok yang dihormatinya dibunuh satu persatu dia mulai menyadari pentingnya jabatan yang akan diembannya. Dia mulai khawatir dan berusaha melindungi teman-teman Yokainya dan klannya sehingga dia mulai menerima takdirnya perlahan. Dia pun memimpin klannya dan berniat membuat hubungan Yokai dan manusia membaik dan menjaga kerukunannya. Tentunya keputusan ini akan membuat para Yokai merasa sedikit aneh.

Anime ini tidak terlalu sering membuat wajah aneh mode lucu seperti mata bulat dan bibir yang hilang. Ceritanya fokus dan agak serius di pertengahan episode keseluruhan. Ceritanya pun unik, hanya saja bagi saya episode satu ke yang lainnya tidak membuat sesuatu yang menarik yang membuat penonton menunggunya. Lawan-lawan yang menurut saya terlalu mudah dikalahkan menjadi titik bosan tersendiri, sehingga menurut saya dibanding menonjolkan pertarungan hebat, anime ini lebih menonjolkan alur cerita dan misteri tiap kejadian dan tokohnya.

Rating : 7.5

No comments:

Post a Comment