Thursday, July 25, 2013

[K-Drama] The Innocent Man (2012)

"What kind of world you live in?  To frame an innocent man, crash him, to let him lose his rationality, to let him give up his life” Kang Ma Roo.

The Innocent Man merupakan sebuah drama serius yang agak rumit. Masih disertai konflik cinta berseginya, The Innocent Man juga menyertakan konflik  keluarga elit yang merumitkan. Bercerita tentang seorang pria yang dikhianati kekasihnya yang berujung pada sebuah balas dendam menggunakan perempuan yang tidak lain anak angkat kekasihnya. Drama berjumlah 20 episode ini disutradarai oleh Kim Jin Won dan ditulis ole Lee Kyung Hee.


Diceritakan Kang Ma Roo (Song Joong Ki) merupakan mahasiswa kedokteran yang potensial. Ma Roo tinggal bersama seorang adiknya Lee Yoo-Bi yang memiliki kesehatan yang buruk. Han Jae-Hee (Park Si-Yeon) adalah seorang reporter di perusahaan penyiaran HBS.  Kang Ma Roo adalah kekasih Han Jae Hae, berasal dari lingkungan yang sama, keduanya bertekad untuk menggapai impiannya masing-masing. Namun suatu insiden terjadi, Han Jae Hee tak sengaja membunuh seorang pria di sebuah kamar hotel. Mencoba minta tolong kepada Ma Roo, Jae Hee dinasihati agar menyerahkan diri pada polisi. Tapi Jae Hee bersikeras tidak mau karena akan berpengaruh pada karirnya sebagai seorang reporter. Setelah mencoba dibujuk, akhirnya Jae Hee pasrah, namun disaat Jae Hee menelpon polisi, Ma  Roo tiba-tiba menyuruh kekasihnya untuk pergi dan dia memutuskan untuk menggantikannya menjadi tersangka. Ma Roo pun menyerahkan diri ke polisi. Kejadian itu mengubah Kang Ma Roo dari berbagai sisi.

Di sisi lain, Seo Eun-Gi (Moon Chae-Won) adalah ahli waris yang kaya keluarga untuk yang memiliki Taesan perusahaan besar. Dia telah dipersiapkan untuk menjadi penerus perusahaan Taesan dan, akibatnya, menunjukkan emosi sangat sedikit. Suatu hari Eun Gi mendapati aahnya dipeluk oleh seorang wanita yang adalah Han Jae Hee. Han Jae Hee kemudian dinikahi oleh ayah Eun Gi. Eun Gi yang menjadi anak tirinya selanjutnya menjadi orang yang lebih murung dan dingin, dia pun selalu berbicara ketus jika berhadapan dengan Jae Hee.

Beberapa tahun kemudian setelah Kang Ma Roo dibebaskan. Ma Roo menjadi seorang playboy. Setelah menjalani hukuman penjara 5 tahun, Ma-Roo perjalanan ke Aomori, Jepang untuk mengambil uang dari seorang perempuan yang telah menipu temannya Jae-Gil (Lee Kwang-Soo). Ma-Roo menggoda wanita dan mengambil uang yang dicuri dari temannya. Dalam perjalanan pulang ke Korea, Ma Roo bertemu kembali dengan Jae Hee, namun pandangan Ma Roo yang terlihat ketus dibalas pandangan rasa bersalah Jae Hee pada Ma Roo. Pada saat itu kejadiannya adalah ketika Eun Gi sedang pingsan dan membutuhkan pertolongan, Ma Roo yang belum pernah resmi menjadi dokter sungguhan karena di DO dari kampus akibat dipenjara itu menolongnya.

Setelah kejadian itu, permasalahan justru makin rumit. Eun Gi yang merasa tersinggung karena yang menolongnya bukanlah dokter sungguhan malah melayangkan gugatan pada Kang Ma Roo dan memandang curiga pada Han Jae Hee yang melakukan konspirasi untuk mendapatkan warisan ayahnya, Han Jae Hee yang tidak mau hubungannya dengan Ma Roo terbongkar pun berdalih bahwa dia merupakan pemeras yang mengetahui rahasianya. Han Jae Hee kembali kembali menempatkan Ma Roo pada kondisi yang tidak menyenangkan, Ma Roo kembali berkutat pada polisi sebelum akhirnya bukti yang tidak kuat membuatnya tidak ditahan.

Ma Roo tidak sengaja bertemu Eun Gi kembali pada saat keduanya secara tidak sengaja bertemu dan adu balap motor. Keduanya terjatuh dan Eun Gi pun hampir terjatuh di jurang, namun Kang Ma Roo menyelamatkannya dan justru dia yang jatuh, Eun Gi yang merasa bersalah menolongnya dan berusaha mendekatinya. Ma Roo yang mengetahui bahwa Eun Gi adalah anak angkat mantan kekasihnya mencoba untuk menjauh namun selalu didekati oleh Eun Gi. Eun Gi yang selalu mendekati Ma Roo perlahan mulai mengetahui kehidupannya dan membuatnya jatuh hati pada Ma Roo, melihat Eun Gi yang sulit dijauhinya Ma Roo pun memanfaatkannya untuk balas dendam pada Han Jae Hee. Jae Hee yang terkejut melihat mantan kekasihnya berhubungan dengan anak angkatnya pun merasa terancam, dia menjadi khawatir akan posisinya.

Selanjutnya pertunjukan intrik taktik kotor pun terjadi, bagaimana Han Jae Hee yang gila harta berusaha mempertahankan diri bertahan di lingkungan elit, Eun Gi yang berusaha melindungi perusahaan dan warisan keluarga agar tidak jatuh ke Jae Hee dan juga berusaha mendapatkan kepercayaan ayahnya, sementara Ma Roo berusaha untuk mendapatkan kemabali Han Jae Hee.

Saya seperti menonton sinetron atau telenovela dalam drama ini. Konflik perebutan harta dan cinta bersegi ini sangat melelahkan. Tempo dan keseriusan yang konsisten bahkan tidak ada jeda untuk adegan komedi atau santai sama sekali membuat saya agak lelah dan jenuh. Saya tentu mengerti maksud dari sang sutradara adalah focus pada masalah, namun dengan tema yang tidak asing seperti ini membuat saya agak kurang interest. Namun meski begitu, untungnya jalannya cerita agak menarik. Bagaimana intrik-intrik kotor yang terjadi membuat saya penasaran bagaimana cara menyelesaikannya dan bagaimana endingnya. Namun dipertengahan cerita, dengan Eun Gi mengalami amnesia setelah mengetahui Ma Roo yang memanfaatkannya dan ayahnya meninggal sehingga drama ini melaju ke fase berikutnya membuat saya yakin, ini lah sinetron atau telenovela versi Korea. Amnesia ?. inilah penyebab konflik berikutnya sudah tertebak dan tinggal menunggu eksekusinya. Satu hal lagi yang saya puji, dari sisi penata riasnya, Han Jae Hee rasanya sangat pantas didandani segala umur, entah itu muda hingga ibu-ibu.


Rating : 6

No comments:

Post a Comment