Wednesday, July 24, 2013

[K-Drama] Mackarel Run (2007)

“Aku akan menjadi seperti mackarel, bejuang untuk berenang menuju samudra dunia” Cha Gong Chan

Bagi pecinta Drama Korea, siapa yang tidak mengenal Lee Min Ho ?. Artis yang sepertinya paling digemari di Indonesia ini mulai menarik perhatian fans di negeri ini melalui drama Boys Before Flower. Saya sendiri tak menyangkal kemampuannya, selain dalam hal acting saya pun memujinya dalam hal memilih cerita yang dia mainkan, masing-masing ceritanya sangat unik dan menarik. Namun akhir-akhir ini saya mulai bosan dengan aktingnya sebagai sosok lelaki dingin, jarang bicara, bertingkah sok keren, dikagumi wanita dan agak arogan di beberapa drama terakhir yang dia bintangi seperti BBF, City Hunter, Faith, dan lainnya. Kali ini kita akan membahas drama berjudul Mackarel Run, drama pertama yang dibintangi Lee min Ho sebagai pemeran utama. Yang membuat lebih menarik, kali ini Min Ho justru berperan kebalikan dari apa yang dia perankan akhir-akhir ini, yakni sebagai orang bodoh, cerewet, bengal, malas dan bahkan dijauhi oleh orang-orang sekitarnya.


Mackarel Run merupakan mini drama yang disutradarai  Kim Yong Jae, Choi Young Hoon dan Kim Hong Sun. Drama 8 episode ini bercerita tentang Cha Gong Chan (Lee Min Ho), seorang siswa SMA yang tidak bisa apa-apa kecuali bermain sepakbola yang jatuh cinta pada murid pindahan yang pintar. Mackarel Run juga memiliki cerita menarik seputar kehidupan sekolah baik itu impian, persahabatan, prestasi, persaingan, hingga cinta.

Cerita berawal ketika seluruh sekolah membicarakan Cha Gong Chan karena melakukan gol bunuh diri saat pertandingan sepakbola karena suatu insiden. Karena ulahnya itu Gong Chan menjadi musuh nomor satu sekolah, dimulai dari teman sekelasnya, teman setimnya, hingga guru dan direktur. Mendapat perlakuan seperti itu, Cha Gong Chan akhirnya tidak tahan dan menyatakan keluar dari tim sepakbola. Karena satu-satunya yang bisa dilakukan Gong Chan adalah sepakbola, dia pun memikirkan untuk berhenti sekolah. Namun melihat kondisi ibunya, Gong Chan berusaha bertahan hingga akhirnya suatu insiden perkelahian terjadi. Ditengah kondisi depresinya karena merasa percuma bertahan di sekolah, tiba-tiba Gong Chan bertemu seorang gadis yang memesona dirinya pada pertemuan pertama di sebuah sungai, yakni Min Yoon Seo (Moon Chae Won).  Gadis itu ternyata menjadi murid pindahan di kelas barunya, dan hal ini membuat Gong Chan kembali bersemangat sekolah. Pimpinan sekolah yang tidak senang dengan kehadiran Cha Gong Chan berusaha mengeluarkannya dengan berbagai alasannya seperti fitnah-fitnah hingga aturan-aturan yang dibuat khusus untuk membuat Gong Chan dikelurkan, namun Cha Gong Chan selalu berhasil melaluinya.

Kehadiran Yoon Seo membuat Cha Gong Chan berusaha mendapatkan cinta pertamanya. Namun ternyata usahanya tidaklah mudah, dia harus bersaing dengan teman sekelas, mantan rekan tim bolanya, sekaligus mantan pacar Yoon seo, Baek Hyun (Gwon Se In). Selain itu Cha Gong Chan yang bego ternyata disukai oleh Yoon Sae Mi (Jung Yoon), ketua kelas yang sangat pintar dan rajin. Cinta bersegi ini lah sajian utama Mackarel Run yang juga khas drama Korea bergenre romance.

Tema utama drama ini memanglah cinta, tapi meski begitu drama ini punya banyak varian cerita meskipun hanya 8 episode. Saya sendiri sebenarnya lebih menyukai chemistry Gong Chan – Sae Mi dibanding dengan Yoen Soe. Karena di tiap konfliknya dengan Sae Mi, selalu ada pesan moral yang terselip dan kedua belah pihak pun saling belajar mengenai masalah mereka masing-masing. Selain itu kisah persahabatan Gong Chan dengan Go Bong dan Chung Ah, kisah Gong Chan dengan ibunya dan lainnya mampu membuat cerita menjadi inspiratif dan bermanfaat bagi penontonnya.

Jujur saja kelebihan drama ini adalah karena keunikannya yang berbeda dengan drama umumnya. Kita seperti tidak sedang menonton drama Korea, justru seperti sedang menonton Dorama Jepang. Episode minim, durasi yang Cuma 40 menit-an per episode, konflik berbeda di tiap episode, pesan moral, hingga adegan-adegan ala anime yang mampu divisualisasikan dengan baik. Selama saya menonton dorama ataupun film Jepang adaptasi manga/anime, saya justru berpendapat Drama Mackarel Run mampu memvisualisasikan anime dengan baik. Adegan-adegan kocak yang mustahil dan lebay menjadi daya tarik ditambah espresi muka Lee Min Ho yang ekspresif dan juga animasi yang sangat baik saya anggap lebih baik dari dorama Jepang adaptasi manga yang pernah saya tonton dari segi humor. Dari segi sound effect sangat mendukung pembangunan suasana dan saya takjub akan hal ini.

Meskipun ceritanya sangat umum, dengan gaya yang berbeda membuat cerita menjadi menarik. Kekurangannya saya pikir terletak pada ending yang menggantung (kekhasan Korea lainnya). Saya pikir drama ini patut direkomendasikan meskipun drama ini tidak meledak. Ada kabar mengatakan bahwa drama ini sebenarnya lebih panjang, jika memang benar berarti bisa dikatakan penyempitan cerita yang dilakukan sangatlah baik.

Mackarel Run, kesannya adalah kocak, menarik, dan penuh pesan moral. Salah satu drama SMA terbaik. Komentar tambahannya, saya pikir gaya rambut Lee Min Ho di drama ini adalah yang terbaik.


Rating : 8.5

No comments:

Post a Comment